HETANEWS

Listrik Padam 2 Jam di Inggris, Transportasi Darat dan Udara Kacau

Listrik padam di Inggris pada Jumat (9/8) melumpuhkan sarana transportasi. (AFP)

Inggris, hetanews.com - Listrik padam selama beberapa jam di Inggris dan Wales pada Jumat (9/8/2019) sore menyebabkan sarana transportasi lumpuh. Sebagian London terkena pemadaman listrik.

Perusahaan listrik National Grid menyatakan, pemadaman massal ini disebabkan kerusakan pada dua pembangkit.

Listrik padam sangat dirasakan dampaknya karena berlangsung di jam saat banyak warga pulang dari tempat beraktivitas.

"Malam ini kami mengalami peristiwa yang tidak terduga dan tidak biasa, kerusakan pada pembangkit yang terhubung ke sistem transmisi GB, menyebabkan penurunan frekuensi sistem kelistrikan," demikian pernyataan National Grid di Twitter.

Pasokan listrik baru kembali normal sekitar 2 jam kemudian atau pukul 18.30 waktu setempat.

Pemadaman ini menyebabkan penundaan dan pembatalan kereta, termasuk untuk perjalanan jarak jauh di jaringan kereta api nasional.

National Rail menyatakan, gangguan akan berlanjut hingga Sabtu pagi karena ada kereta yang terpaksa diubah rutenya dan berdampak pada perjalanan selanjutnya.

Perjalanan darat juga terpengaruh karena lampu lalu lintas tidak berfungsi di jalan-jalan utama London. Demikian halnya dengan bandara di mana banyak penerbangan di bandara Newcastle yang harus ditunda.

Menurut data, hampir 1 juta orang di Inggris terdampak pemadaman ini, sebanyak 300.000 di antaranya merupakan warga London dan Inggris sebelah tenggara serta 500.000 lainnya di Midlands, Inggris barat daya, dan Wales. Sekitar 110.000 orang terkena dampak di Yorkshire dan Inggris timur laut.

Badan regulasi energi Inggris Ofhem mendesak National Grid memberikan laporan terperinci tentang insiden tersebut.

sumber: inews.id

Editor: sella.