HETANEWS

Dalam Waktu Dekat Akan Digelar Penetapan Anggota DPRD Siantar Periode 2019-2024

Kantor DPRD Pematangsiantar

Siantar, hetanews.com - Dalam waktu dekat KPU Pematangsiantar akan menetapkan anggota DPRD Pematangsiantar periode 2019-2024. Penetapan Anggota DPRD tersebut menunggu salinan hasil sengketa Pilkada di Mahkamah Konsitusi (MK).

Ketua KPU Pematangsiantar, Daniel MD Sibarani mengungkapkan bahwa keputusan sengketa Pilkada di MK diputuskan hari ini, Jumat (9/8/2019). 

Sengketa Pilkada tersebut salah satunya adalah gugatan Partai NasDem atas  dugaan pergeseran suara di TPS 27 Kelurahan Melayu, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar.

"Kita menunggu hasil gugatan tersebut. Kalau keputusannya (MK) menolak, kita lanjut ke penetapan. Kalau keputusan (MK) melakukan pemungutan/penghitungan suara ulang, itu yang kita laksanakan. Jadi kita tunggulah," kata Daniel ditemui dikantornya, Rabu Siang.

Sebelum dilakukannya penetapan tersebut, kata Daniel, KPU Pematangsiantar harus terlebih dahulu menerima salinan hasil keputusan sengketa Pilkada dari MK. 

"Pokoknya kita tunggulah. Hasil salinan putusan MK-nya sampai ke kita," ungkap Daniel Sibarani.

Dia mengatakan, jika sengketa Pilkada tersebut ditolak MK, pihaknya dalam waktu dekat ini akan menggelar rapat pleno untuk merencanakan penetapan 30 Anggota DPRD Pematangsiantar periode 2019-2024 tersebut.

"Misalnya kalau gugatan di MK tersebut ditolak, minggu depan kita akan melakukan penetapan. Kita langsung rapat pleno, menentukan kapan dilakukan penetapan dan dimana diselenggarakan," jelasnya.

Selanjutnya, kata dia, setelah dilakukan penetapan tersebut, pihaknya akan mengirim hasilnya ke KPU Provinsi, Bawaslu, Mendagri serta Pemko Pematangsiantar. 

Setelah penetapan, kemudian 30 Anggota DPRD Pematangsiantar tersebut akan dilantik dengan masa jabatan 5 tahun kedepan.

Baca juga: Sengketa Pileg Di MK, Nasdem Ajukan Tuntutan PSU

Penulis: gee. Editor: edo.