HETANEWS

KPU Usulkan Anggaran Pilkada Siantar Sebesar Rp.27 Milyar

Ketua KPU Pematangsiantar, Daniel M.D Sibarani.

Siantar, hetanews.com- KPU Pematangsiantar mengusulkan rencana anggaran penyelenggaran Pilkada Kota Pematangsiantar tahun 2020 sebesar Rp.27 Milyar. Pengajuan anggaran tersebut mengalami penambahan dari rencana anggaran sebelumnya Rp.21 Milyar. Untuk tahap pertama, KPU mengajukan anggaran sebesar Rp.2,3 Milyar.

Ketua KPU Pematangsiantar, Daniel MD Sibarani mengatakan, rencana anggaran Pilkada Kota Pematangsiantar senilai Rp.27 Milyar tersebut merupakan biaya penyelenggaraan Pilkada Pematangsiantar secara keseluruhan.

Dijelaskan Daniel, ada penambahan anggaran senilai Rp.6 Milyar dari rencana anggaran sebelumnya. Itu merupakan penambahan terhadap biaya sosialisasi dan fasilitas calon walikota di Pilkada Pematangsiantar tahun 2020.

"Ada penambahan terkait sosialisasi. Sosialisai harus dikencangkan. Kemudian sosialisasi terkait peraturan supaya tidak ada lagi salah pemahaman. Lalu, calon yang ditetapkan akan difasilitasi alat kampanye-nya. Spanduk, baliho sampai brosur. Itu kalau anggaranya disetujui," jelasnya. 

Untuk saat ini, KPU menunggu nota perjanjian hibah daerah (NPHD) dengan Pemko Pematangsiantar untuk penyelenggaraan Pilkada Pematangsiantar. NHPD, kata Daniel, akan digelar paling lama 1 Oktober 2019 yang akan datang.

"Ini masih usulan anggaran yang diajukan oleh KPU Siantar. Yang Rp.27 Milyar itu masih dikoreksi oleh Pemko. Untuk tahap pertama Pilkada ini kita mengajukan anggaran senilai Rp.2,3 Milyar," jelas Daniel, seraya mengatakan pra penyelenggaraan Pilkada Siantar dimulai September yang akan datang.

Baca juga: Anggaran Pilkada Siantar di Tampung dalam P APBD dan R APBD

Penulis: gee. Editor: edo.