HETANEWS

Kebakaran Hutan di Gunung Ciremai, Jalur Pendakian Ditutup

Hutan Gunung Ciremai yang terbakar.

Jabar, hetanews.com - Kebakaran hutan yang terjadi di Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar), membuat seluruh pos pendakian Gunung ditutup. Hal ini dimaksud untuk menghindari korban jiwa.

Kebakaran hutan terjadi tepatnya di Sanghiang Ropoh Simpang Apuy perbatasan Kabupaten Kuningan dan Majalengka pada ketinggian 2.900 mpdl.

"Titik api berasal dari wilayah Simpang Apuy Majalengka dan saat ini menjalar ke wilayah Kuningan," kata Ketua Pos Pendakian Gunung Ciremai Palutungan, Endun Abdulah, kepada wartawan di Kabupaten Kuningan, Jabar, Kamis (8/8/2019).

Untuk mengantisipasi adanya korban jiwa seluruh pos pendakian ditutup, seperti Pos Pendakian Palutungan, Pos Pendakian Linggarjati, dan Linggasana.

Puluhan Pendaki yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai Jabar dievakuasi akibat kebakaran hutan di kawasan gunung tersebut, Rabu (7/8/2019) sore.

"Sejumlah relawan dari pos pendakian diturunkan untuk membantu memadamkan api di puncak Gunung Ciremai," ujar dia.

Sebelumnya, menurut data BPBD Kabupaten Kuningan puluhan pendaki yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, Jabar.

Pendaki yang masih berada di jalur pendakian jumlahnya 61 orang dengan perincian 25 orang di jalur pendakian Apuy, 31 orang di jalur pendakian Palutungan, dan lima orang di jalur pendakian Linggarjati.

sumber: inews.id

Editor: sella.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.