HETANEWS

Bukan Gaji Pokok, PLN Potong Bonus Pegawai untuk Kompensasi Listrik Padam

Direktur Pengadaan Strategis 1 PLN Djoko Raharjo Abumanan.

Jakarta, hetanews.com - PT PLN (Persero) menyatakan tidak akan memotong gaji pegawai untuk membayar kompensasi listrik padam. Yang dipotong bukan gaji pokok, melainkan bonus.

Direktur Pengadaan Strategis 1 PLN Djoko Raharjo Abumanan mengatakan, nilai kompensasi untuk pelanggan yang sebesar Rp840 miliar akan diambil dari bonus pegawai. Pemotongan bonus juga berlaku untuk jajaran direksi.

Besaran bonus yang akan dipotong nantinya akan disesuaikan dengan kinerja pegawai PLN.

"PLN ada bonus tiap pegawai, tiap kinerjanya. Kinerja sales tidak capai, termasuk saya, kena (potong) bonus pencapaian indeks akan terkoreksi," kata dia di Kantor Ombudsman, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Kejadian listrik padam, kata Djoko, akan menekan kinerja keuangan. Oleh karena itu, penurunan kinerja keuangan pasti akan berdampak pada bonus yang akan diterima oleh pegawai PLN.

"Tidak ada potong memotong, ada person pribadi, sesuai laba kerja. Setiap 6 bulan ada indeks prestasinya," ujarnya.

Namun, Djoko menyebut, PLN tidak hanya akan mengurangi bonus pegawai, melainkan penghasilan lainnya juga akan terdampak dari kejadian itu.

"Termasuk pendapatan di luar gaji," ucap eks Plt direktur utama PLN itu.

Untuk diketahui, struktur gaji pegawai PLN saat ini terbagi ke dalam tiga jenis yaitu gaji pokok (pay for person/P1), tunjangan jabatan (pay for position/P2), dan tunjangan kinerja (pay for performance/P3).

sumber: inews.id

Editor: sella.