HETANEWS

Nama Peserta Lolos Seleksi JPTP ditangan Wali Kota

Zainal Siahaan

Siantar, hetanews.com - Sejumlah nama yang lolos mengikuti tahapan seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) telah diserahkan ke Walikota Hefriansyah. Meski demikian, Pemko Pematangsiantar belum menentukan jadwal pelantikan bagi pejabat tersebut.

Salah satu anggota Pansel JPTP,  Zainal Sihaan mengatakan pihaknya masih menunggu rekomendasi KASN sebelum melakukan pelantikan tersebut.

"Tahapannya ke KASN dulu, kita tunggu lagi rekomendasi KASN. Mengenai pelantikan, kita usahakan secepatnya. Kalau bisa kita kejarlah," katanya ditemui usai menghadiri rapat paripuna VII DPRD Pematangsiantar, Kamis (8/8/2019).

Meski penjadwalan tahapan seleksi lelang jabatan ini sempat mengulur waktu, dia meyakinkan bahwa peserta sudah seluruhnya mengikuti setiap tahapan seleksi.

"Assessment test, tahapan pembuatan makalah dan wawancara. Makalah di (Laksanakan) di Siantar. Wawancara di Kota Medan," kata Plt. BKD Pematangsiantar ini.

Pada tahapan seleksi yang digelar, Zainal  mengakui ada beberapa peserta yang tidak hadir ketika itu. Nama-nama yang lolos tiap tahapan pun sudah diserahkan ke Walikota Hefriansyah.

"Ada beberapa orang yang tidak hadir. Dari 45 yang mendaftar, 36 orang yang mengikuti assessment. Kemudian ada 33 yang mengikuti penulisan makalah. Nama yang diserahkan ke pak wali (Walikota) ranking tiga besar," kata Zainal Sihaan.

Ditempat yang sama, Walikota Hefriansyah membenarkan jika nama- nama tersebut sudah diserahkan kepadanya. Hanya saja dia tidak menyebut jumlah yang lolos sampai tahapan akhir seleksi tersebut.

"Sudah ditanganku nama-namanya. Tapi aku gak ingat-ingat siapa siapa saja," ucapnya singkat.

Dalam seleksi terbuka lelang JPTP ini dibuka pendaftaran untuk 8 formasi yang lowong. Diantaranya; Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Sekretaris Dewan (Sekwan), Inspektur Daerah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pariwisata dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Seleksi terbuka JPTP kali ini menyisahkan pertanyaan. Pasalnya ada jabatan yang tidak ikut dilelang. Diantaranya: Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Ketiga jabatan ini sampai sekarang masih dijabat masing masing  Pelaksana Tugas (Plt). 

Baca juga: 8 Jabatan yang Dilelang, 45 Pejabat Ikut Seleksi JPTP

Penulis: gee. Editor: edo.