HETANEWS

COSMAS Batubara Meninggal Dunia, Ini Profil Bos Agung Podomoro Land dan Eks Menteri Era Soeharto

Profil Bos Agung Podomoro Land dan Eks Menteri Era Soeharto.

Jakarta, hetanews.com - Mantan menteri era pemerintahan Presiden Soeharto, Cosmas Batubara tutup usia.

Kamis (8/8/2019), dalam pesan berita duka tidak dijelaskan sakit yang diderita almarhum sebelum meninggal dunia. Jenazah akan disemayamkan di kediaman Jalan Cidurian no 3, Cikini, Jakarta Pusat.

"Jenazah diperkirakan tiba pukul 10.00 pagi," jelas keluarga Cosmas.

Sekadar menyegarkan ingatan, Cosmas Batubara merupakan salah satu anggota Partai Golkar yang terbilang aktif. Dia pernah menjabat Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat, dan Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Menteri Tenaga Kerja.

Ketiga jabatan ini dia jabat dalam masa pemerintahan PresidenSoeharto. Cosmas yang merupakan pelopor gerakan mahasiswa angkatan 1966 ini menikah dengan R.A. Cypriana Hadiwijono dan dikaruniai 2 putra dan 2 putri.

Saat ini, Cosmas menjabat sejumlah jabatan penting di perusahaan.

Yakni Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN), Komisaris Utama PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI), dan komisaris PT Intiland Development Tbk (DILD).

Selamat jalan Pak Cosmas Batubara...

  • Riwayat Hidup

Cosmas Batubara lahir di Purbasaribu, Simalungun, Sumatra Utara, 19 September 1938. Seorang politikus Indonesia dan pejabat menteri era Presiden Soharto.

Pada masa Mahasiswanya dia adalah Ketua Presidium Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Ketua Presidium KAMI Pusat.

Dia adalah Pelopor Gerakan Mahasiswa Angkatan 66 yang disegani. Ia pernah menjabat Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat, Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Menteri Tenaga Kerja, ketiganya dalam masa pemerintahan presiden Soeharto.

Ia menikah dengan R.A. Cypriana Hadiwijono dan dikaruniai 2 putra dan 2 putri.

Ia telah memiliki sebuah otobiografi politik yang berjudul Cosmas Batubara: Sebuah Otobiografi Politik yang diterbitkan di bawah Penerbit Buku Kompas di Jakarta, Maret 2007.

Pada 2014, ia ditunjuk menggantikan Rhenald Kasali sebagai Rektor di Podomoro University.

Cosmas Batubara

Cosmas Batubara meninggal dunia pada Kamis (8/8/2019). Mantan Menteri Tenaga Kerja era Soeharto ini meninggal di RSCM Kencana pada pukul 03.27 WIB.

"Telah meninggal dunia dengan tenang Bapak Dr Cosmas Batubarapada hari Kamis, 8 Agustus 2019 pukul 03.27 di RSCM Kencana," bunyi keterangan tertulis yang diterima Tribunnews pagi ini.

Pria yang berprofesi sebagai pengusaha ini merupakan seorang politikus.

Saat menjadi mahasiswa, Cosmas Batubara menjabat sebagai Ketua Presidium Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Ketua Presidium KAMI Pusat.

Ia juga pernah menjabat Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat, Menteri Negara Perumahan Rakyat, dan Menteri Tenaga Kerja di era Soeharto.

Cosmas pernah ditunjuk menjadi Rektor di Podomoro University menggantikan Rhenald Kasali pad 2014 lalu. Pria kelahiran 1938 ini juga dikenal sebagai anggota Partai Golkar yang aktif.

Tribunnews mengutip dari Kontan.co.id, jenazah Cosmas batubara akan disemayamkan di kediamannya di Jalan Cidurian, Cikini, Jakarta Pusat.

"Jenazah diperkirakan tiba pukul 10.00 pagi," jelas keluarga Cosmas.

  • Sempat Beredar Hoaks 

Sebelumnya pada 27 Juli 2019 lalu, kabar Cosmas Batubarameninggal dunia santer terdengar.Namun, manajemen APLN dan Laskar  Arif Rahman Hakim (LA ARH) Angkatan 66 memastikan kabar itu hoaks.

Kabar Cosmas Batubara meninggal dunia tersebar dari pesan berantai di grup WhatsApp, Wakil Presiden Direktur APLN Indra Widjaja Antono menepis kabar tersebut.

Indra menyatakan bahwa kabar tersebut sudah beredar sejak Sabtu (27/7) kemarin.

“Namun sampai saat ini belum ada kabar langsung dari keluarga Bapak Cosmas, sehingga pesan yang beredar tidak benar,” jelasnya, Minggu (28/7).

Namun, kini, Cosmas Batubara sudah tutup usia. Selamat jalan Pak... Istirahatlah yang tenang di sisi Tuhan Yang Maha Esa ...

sumber: tribunnews.com

Editor: sella.