HETANEWS

Kisah Pilu Pramugari Cantik Lion Air, Menghembuskan Nafas Terakhir saat Berlibur di Kampungnya

Pramugari Apitchaya Jareondee meninggal setelah tiga hari terinfeksi demam berdarah, alami kerusakan organ tubuh

Thailand, hetanews.com - Nyamuk, salah satu serangga yang dibenci karena gigitan menimbulkan gatal dan menyakitkan. Gigitan nyamuk juga menularkan penyakit mematikan, seperti demam berdara atau malaria.

Baru-baru ini, seorang pramugari meninggal karena demam berdarah hanya beberapa hari setelah mendapat gigitan nyamuk.

Ia adalah Apitchaya Jareondee berusia 25 tahun. Pramugari itu dan keluarganya diketahui sedang mengambil libur dan pulang ke kampung rumah keluarganya di Chiang Mai pada akhir Juli lalu.

Tapi baru beberapa hari di sana, dia mengalami keluhan kesehatan, seperti demam tinggi dan sakit kepala yang parah secara bersamaan.

Dia bersama keluarga memutuskan untuk mendatangi dokter di rumah sakit. Oleh tim medis di Rumah Sakit Lanna, Chiang Mai, Thailand, diketahui bahwa dia menderita demam berdarah yang ditularkan lewat gigitan nyamuk.

Namun sayang, tubuh pramugari cantik itu tidak kuat melawan sakit. Dia mengalami infeksi parah yang disebabkan oleh gigitan nyamuk, yang parahnya memicu pendarahan internal, hingga kerusakan organ tubuh.

Apitchaya, yang bekerja di maskapai penerbangan Lion Air Thailand, dinyatakan meninggal Senin (29/7/2019) kemarin, hanya 3 hari setelah terinfeksi virus demam berdarah.

Keluarga korban merasa sedih atas kepergian Apitchaya. Sepupunya, Surin Jareondee mengatakan keluarga telah mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari nyamuk dengan lebih banyak tinggal di dalam rumah dan menutup jendela.

''Ini musim hujan sekarang dan ada banyak nyamuk di daerah itu,” ucapnya.

Kematian pramugari Apitchaya menambah daftar korban demam berdarah di Thailand. Pemerintah memperkirakan, hingga akhir tahun, penderita bisa mencapai 130 ribu orang terinfeksi DBD. Dan hingga akhir Juli, sebanyak 70 orang sudah dinyatakan meninggal.

Waktu masuk ke dalam pesawat, setelah menunggu, tampaknya sedikit membosankan. Tapi tidak maskapai penerbanganmu mempekerjakan pramugari satu ini.

Baru-baru ini, maskapai penerbangan Southwest Airlines berhasil membuat penumpang terkejut dan tertawa tak henti dengan sebuah tipuan yang melibatkan pramugrari. Kejadian ini berlangsung dalam penerbangan dari Nashville ke Philadelphia, Senin (29/7/2019) lalu.

Seorang pramugari bersembunyi di kabin pesawat saat penumpang naik pesawat, dan muncul secara tiba-tiba, membuat penumpang keheranan.

Aksi unik pramugari ini terekam dalam sebuah video yang direkam oleh pengguna Twitter bernama Veronica Lloyd. Dalam video tersebut, bisa dilihat pramugari telungkup dengan kaki bergantung di kabin.

Dia berdiam sekitar sepuluh menit di sana, sampai penumpang mulai menaiki pesawat. Saat penumpang sudah masuk, pramugari mulai bergelinding di dalam kabin pesawat dan mulai menyapa penumpang. Lloyd mengatakan kepada Fox News bahwa dia terheran dengan tindakan wanita itu.

"Itu menarik," kata Lloyd.

"Saya pikir dia (pramugari) melakukannya untuk menghibur dan membuat para penumpang tertawa."

Lloyd berkata ketika wanita itu turun dari kabin pesawat, wanita itu bersikap sangat baik dan menyapa penumpang sepanjang perjalanan.

Sementara itu, pihak maskapai penerbangan Southwest mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Fox News bahwa karyawan mereka memang dikenal karena dengan selera humornya yang bagus.

Karyawan Southwest dikenal karena menunjukkan selera humor dan kepribadian unik mereka. Dalam hal ini, salah satu seorang pramugari kami berusaha menghibur dengan naik ke kabin. Tentu saja, ini bukan prosedur normal kami, dan Southwest Crews selalu memprioritaskan keselamatan penumpang.

Pramugari yang dilamar oleh pacarnya.
Pramugari yang dilamar oleh pacarnya. (Asia One)

Dilamar kekasih di depan umum adalah salah satu hal romantis yang banyak diinginkan wanita. Namun, apa jadinya bila hal romantis tersebut justru berakhir tidak menyenangkan?

Seorang pramugari China Eastern Airlines mungkin tidak pernah berpikir bahwa tindakan manis pacarnya akan menjadi masalah baginya.

Video yang memperlihatkan pramugari dilamar pacarnya sempat viral di media sosial pada bulan Mei tahun lalu. Dalam video yang dibagikan oleh Pear Video, seorang penumpang pria dalam penerbangan dari Xi An ke Yinchuan nampak berlutut untuk melamar pacarnya yang kebetulan menjadi pramugari di pesawat tersebut.

Gadis yang berkaca-kaca karena terharu itu kemudian berbicara melalui microphone untuk pengumuman kabar bahagianya, "Saya benar-benar tidak tahu pacarku akan melamarku pada penerbangan ini, terima kasih (kalian) telah bersedia menjadi saksiku."

Diyakini bahwa penumpang di dalam penerbangan itu tersentuh oleh pemandangan romantis itu.Momen membahagiakan itu terjadi  sekitar setengah jam setelah lepas landas.

Beberapa penumpang juga terlihat merekam dengan ponsel mereka untuk merekam momen spesial itu. Sayangnya pihak dari maskapai penerbangan China Eastern Airlines tidak terkesan.

Menurut laporan TV Liaoning pada 10 September lalu, perusahaan bahkan memecat pramugari dengan alasan bahwa ia telah mengabaikan keselamatan penumpang.

Perusahaan menyatakan bahwa tindakan itu telah menyebabkan gangguan dan merupakan tindakan tidak bertanggung jawab yang membahayakan keamanan penumpang.

Netizen China di media sosial ramai berdebat tentang masalah ini, beberapa keberatan terhadap langkah maskapai yang terlalu ketat dan "tak berperasaan".

Bahkan pramugari sendiri tidak menyadari rencana pacarnya.

Namun, yang lain merasa bahwa berurusan dengan urusan pribadi selama jam kerja, terutama untuk pekerjaan yang melibatkan keselamatan publik itu merupakan tindakan yang kurang pantas.

Terlebih pramugari itu juga mengumumkan melalui microphone. Jadi, jika Anda merencanakan momen romantis untuk kekasih pramugari Anda, Anda sekarang tahu apa yang tidak boleh dilakukan. 

Sejarah mencatat Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Soekarno, punya pesona dan karisma istimewa terhadap kaum hawa.Presiden  pertama Indonesia itu diingat sebagai sosok yang mudah jatuh cinta dan menaklukkan hati wanita.

Diketahui, Bung Karno merupakan seorang negarawan yang gemar dunia sastra. Ia mahir merangkai syair bernada romantis yang meluluhkan hati perempuan yang membacanya.

Hal tersebut diketahui dari mantan pengawalnya, Bambang Widjanarko yang menceritakan Soekarno memang jagoan merayu wanita. Soekarno juga mengakui bahwa dirinya menyukai wanita yang menarik.

"Aku menyukai gadis-gadis yang menarik di sekelilingku, karena gadis-gadis ini bagiku tak ubahnya seperti kembang yang sedang mekar dan aku senang memandangi kembang," kata Soekarno.

Namun, ternyata ada wanita di masa itu yang tak goyah akan pesona dan karisma Soekarno. Bahkan, rayuan Bung Karno pun tak mempan terhadap wanita tersebut.

Perempuan dalam Hidup Soekarno, sosok perempuan tersebut bernama Irma Ottenhoff Mamahit. Ketika didekati oleh Soekarno, Irma Ottenhoff Mamahit berprofesi sebagai pramugari.

Semuanya berawal ketika tahun 1960-an, di mana Irma diterima sebagai pramugari pesawat kepresidenan pertama Indonesia, Dolok Martimbang.

Perjuangan Irma untuk menjadi pramugari di pesawat VVIP Skadron 17 AURI sangat tidak mudah. Ia harus melewati berbagai serangkaian seleksi ketat.

Karena jika diterima di sana maka tugasnya ialah melayani Presiden Soekarno dan petinggi negara lainnya saat terbang mengudara. Suatu hari setelah Irma bekerja sebagai pramugari di Skadron 17 tersebut, ia menghadap Bung Karno. Rupanya Bung Karno kesengsem melihat penampilan Irma memakai kebaya.

Namun, perasaan itu tak bersambut. Irma menolak perasaan Soekarno kepada dirinya.

Irma beralasan tak menaruh perasaan lebih kepada Bung Karno lantaran usia sang proklamator itu dianggap terlalu tua. Bahkan, sebaya dengan ayah Irma. Karena itulah, sosok Bung Karno dirasa tak menarik bagi hati Irma.

Terlebih Irma menganggap jika mencintai Soekarno maka ia akan menyakiti hati istri-istrinya yang lain. Bung Karno menghargai sikap dan pendirian Irma tersebut.

Tak lama setelah itu, Irma seperti menjilat ludah sendiri. Ia jatuh hati kepada seorang duda yang umurnya terpaut jauh darinya dan menikah dengannya. Usut punya usut, suami Irma itu adalah lawan politik Soekarno.

Namun Irma enggan menyebutkan identitas suaminya itu ke publik. Mengetahui kabar ini Soekarno menjadi marah. Irma pun diperintahkan menghadap kepadanya ke Istana Negara.

"Irma, kau tolak cintaku, karena umurku. Kenapa kau kawin dengan dia yang seumur aku pula?" kata Bung Karno.

Entah jawaban apa yang dilontarkan Irma menimpali pertanyaaan Soekarno tersebut. Tak lama setelah menikah, suami Irma ditahan selama enam bulan. Lagi-lagi, Irma tak menjelaskan pula perihal kasus apa suaminya ditahan.

Ketika itu, Irma menghadap Bung Karno. Meminta pertolongan. Bung Karno memaklumi hal ini. Dia mengizinkan Irma untuk menjumpai suaminya di penjara. Tapi Bung Karno memberikan syarat agar Irma mengawasi dan menjamin suaminya.

Rumah tangga Irma tak bertahan lama. Mereka bercerai.Irma kemudian menikah kembali dengan seorang pegawai Hotel Indonesia. Terungkap juga, selain Irma, Bung Karno pernah jatuh cinta pada seorang pramugari Garuda Indonesia.

Pramugari bernama Kartini Manoppo itu kemudian diminta bertugas di pesawat kepresidenan Dolok Martimbang. Irma menyebut bahwa Kartini adalah kawannya. Mereka pun sering terbang bersama. Irma tahu, antara Bung Karno dan Kartini ada sesuatu atau hubungan khusus.

Gelagat itu terlihat jelas. Jika istri Bung Karno naik pesawat, Kartini tak pernah ikut terbang. Namun Irma tak tahu apakah Kartini menikah  dengan Bung Karno atau tidak.

Menurut Reni Nuryanti dalam bukunya Perempuan dalam Hidup Sukarno, Bung Karno melihat wajah Kartini melalui lukisan Basuki Abdullah yang dipamerkan pada 1959. Kartini merupakan model lukisan Basuki.

Kartini pertama kali berkenalan dengan Bung Karno ketika penerbangan ke Surabaya. Kartini kemudian dinikahi Bung Karno.

sumebr: tribunnews.com

Editor: sella.