HETANEWS

Setelah Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 5,9, Taiwan Bersiap Hadapi Topan Ganas

Taiwan bersiap menghadapi Topan Lekima setelah diguncang gempa M5,9 pada Kamis. (AFP)

Taiwan, hetanews.com - Taiwan bersiap hadapi angin topan setelah wilayah itu diguncang gempa bermagnitudo 5,9 pada Kamis (8/8/2019) dini hari waktu setempat.

Biro cuaca Taiwan mengungkap, Topan Lekima akan tiba dari pantai timur laut pada Kamis malam. Topan ini dikategorikan dalam tingkat terkuat oleh biro, sehingga memicu peringatan bahaya.

Lekima bergerak melintasi lautan ke arah utara-barat laut dengan kecepatan 15 km per jam. Namun saat mendekati pantai, kecepatannya berubah menjadi 227 km per jam.

Biro cuaca mengeluarkan peringatan angin kencang disertai hujan untuk Taipei, kota pelabuhan Keelung, serta kota-kota di lainnya di utara. Peringatan juga diberikan kepada nelayan dan kapal yang beroperasi di pantai selatan dan timur.

Setelah Taiwan, topan akan menyambangi China pada akhir pekan, yakni masuk melalui Kota Shanghai.

Sebelumnya, gempa bumi bermagnitudo 5,9 mengguncang pantai timur laut Taiwan, memicu peringatan tanah longsor. Situasi diperparah dengan tingginya curah hujan yakni hingga 900 milimeter di pegunungan sebelah utara Taiwan.

"Gempa bumi mengguncang ketika kami bersiap menghadapi topan yang merupakan peristiwa langka," kata Perdana Menteri Su Tseng Chang.

Gempa tersebut menyebabkan satu orang tewas, yakni seorang perempuan yang tertimpa lemari pakaian. Selain itu, gempa menyebabkan pasokan listrik untuk 10.000 lebih tangga rumah tangga putus.

Lebih dari 1.500 orang diungsikan ke tempat aman, kebanyakan dari mereka merupakan turis yang berwisata di pulau-pulau lepas pantai timur.

sumber: inews.id

Editor: sella.