HETANEWS

Tim Penilai Verifikasi Kabupaten Sehat Kunjungi Pemkab Asahan

Suasana kunjungan Tim Penilai Verifikasi Kabupaten Sehat di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Selasa (6/8/2019).

Asahan, hetanews.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menerima kunjungan tim penilai verifikasi ‘kabupaten sehat’ Provinsi Sumatera Utara, di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Selasa (6/8/2019) pagi.

Acara dihadiri Asisten II, Drs H Jhon Hardi Nasution MSi, Kepala Dinas Kesehatan, dr Aris Yudhariansyah, tim verifikasi FKS Provsu, OPD, Camat, FKS Asahan dan undangan lainnya.

Plt Bupati Asahan, H Surya BSc, dalam sambutannya yang disampaikan Asisten II, mengucapkan selamat datang kepada tim verifikasi kabupaten sehat Provinsi Sumatera Utara, di Asahan.

Lebih lanjut, John menjelaskan, luas Kabupaten Asahan mencapai 3.732 KM2 dengan jumlah penduduk sebanyak 706.283 jiwa.

Maka dari itu, kata Jhon, kabupaten/kota sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

"Kabupaten/kota sehat merupakan pendekatan kesehatan masyarakat yang bertumpu pada kemitraan Pemda dengan masyarakat dalam mengatasi masalah-masalah kesehatan yang berkaitan erat dengan masalah lingkungan fisik dan lingkungan sosial kabupaten/kota,"ujar Jhon.

Masih kata Jhon, penyelenggaraan kabupaten/kota sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat yang dipasilitasi oleh pemerintah kabupaten/kota.

Untuk diketahui, Kabupaten Asahan telah terbentuk tim pembina kabupaten sehat sesuai keputusan Bupati Asahan No.240-Dinkes-2017 dan telah bekerja semaksimal mungkin untuk mendukung tercapainya penghargaan Swasti Saba.

"Ada 2 fokus sasaran kabupaten sehat, yakni, tatanan pemukiman, sarana dan prasarana sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri,"tambah Jhon.

"Untuk mencapai 2 hal tersebut sudah dilakukan berbagai program, diantaranya penerapan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dibuktikan Desa Buntu Pane, Kecamatan Buntu Pane telah meraih juara 2 dalam lomba PHBS tingkat nasional tahun 2019 dan juara 1 lomba IV test tingkat nasional," pungkas Jhon.

Penulis: rendi. Editor: gun.