HETANEWS

Pemkab Asahan Serahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya ke 7 Kecamatan

Plt Bupati Asahan saat menyerahkan secara simbolis ke penerima BSPS tahun 2019, Selasa, (6/8/2019) di Desa Sei Kamah II, Kecamatan Sri Dadap.

Asahan, hetanews.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun 2019 kepada 632 kepala keluarga, dipusatkan di Desa Sei Kamah II Kecamatan Sei Dadap, Selasa (6/8/2019).

Acara dihadiri Plt Bupati Asahan, H Surya BSc, Kepala SNVT Penyedian Perumahan Provinsi Sumatera Utara, Pimpinan Bank Mandiri, OPD, Camat, Kepala Desa Sei Dadap dan masyarakat penerima.

Pimpinan Bank Mandiri Kisaran, Dewi Riana, menyatakan kesiapan Bank Mandiri Kisaran dalam membantu program-program Pemerintah Kabupaten Asahan. Pihaknya mengaku membutuhkan bimbingan dan arahan dari Pemerintah dalam menjalankan program bantuan BSPS ini.

Kepala SNVT Penyedian Perumahan Provinsi Sumatera Utara, Naimul Ahmad Rangkuti, berharap dengan bantuan yang diberikan tersebut dapat dimanfaatkan bagi penerima sehingga para penerima nantinya dapat menjadi rumah yang layak huni.

"Kepada masyarakat nantinya dapat memberikan bantuan swadayanya dalam pengerjaan rumah layak huni yang ada disekitarnya,"ujar Naimul

Sementara itu, Plt Bupati Asahan, H Surya BSc menyampaikan, UUD 1945 pasal 28 H menyatakan, rumah adalah salah satu hak dasar rakyat. Oleh sebab itu setiap warga negara berhak untuk memiliki tempat tinggal dan lingkungan yang baik dan sehat.

Lanjut Surya, rumah juga mampu meningkatkan harkat, martabat dan mutu kehidupan. Rumah juga sebagai pencerminan diri pribadi dalam upaya peningkatan taraf hidup serta pembentukan watak, karakter dan kepribadian bangsa.

"Namun sayangnya, hingga saat ini hak dasar tersebut belum terpenuhi dengan sepenuhnya. Salah satu penyebabnya adalah adanya kesengajaan pemenuhan kebutuhan perumahan (bagklog) yang relatif masih besar,"kata Surya.

Pada kesempatan tersebut, masyarakat penerima bantuan, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan yang telah memberikan bantuan BSPS kepada warga. Setiap warga mendapatkan bantuan sebesar Rp 17,5 juta.

Diakhir kegiatan, Plt Bupati Asahan, H. Surya BSc menyerahkan bantuan kepada masyarakat penerima BSPS secara simbolis dan meletakkan batu pertama, di salah satu rumah warga.

Adapun alokasi penerima BSPS tahun 2019 yakni, Kecamatan Air Batu (Desa Air Teluk Hessa 26 unit, Desa Danau Sijabut 31 unit, Desa Hessa Perlompongan 34 unit, Desa Air Genting 53 unit, Desa Hessa Air Genting 38 unit dan Desa Sijabut Teratai 25 unit).

Penulis: rendi. Editor: gun.