HETANEWS

Menteri Jonan Ancam Mutasi Pegawai ESDM Jadi Penjaga Gunung Berapi

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan. (ist)

Jakarta, hetanews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan meminta pegawainya untuk bekerja dengan baik. Jika tidak, dia tidak segan-segan untuk memutasi pegawai menjadi penjaga gunung berapi.

Ancaman tersebut bermula saat Jonan mengkritik sistem IT yang ada di Kementerian ESDM. Dia mengaku kesulitan untuk membuat aplikasi perizinan online di instansi yang dipimpinnya. Lantas, dia meminta bantuan dari bekas bawahannya di PT KAI (Persero), Kuncoro Wibowo.

"Sistem IT di sini kok enggak up to date, masak kalah dengan KAI. Sampai akhirnya saya panggil Direktur IT KAI Pak Kuncoro, minta bantuan beliau," kata dia di Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Meski sudah meminta bantuan, Jonan mengaku kerap menemui kesulitan saat mereformasi sistem IT di Kementerian ESDM. Padahal, dia ingin aplikasi itu selesai sebelum Oktober 2019.

"Saya panggil Wamen, lalu bilang 'Kita bikin sendiri saja, kalau ada yang enggak mau saya bebastugaskan'. Tapi kalau dibebastugaskan negara rugi. Kebetulan kami membawahi Badan Geologi yang di bawahnya ada PVMBG, termasuk di dalamnya itu pengamat gunung api. Jadi kita pindahin ke situ saja," tutur dia.

Mantan direktur utama KAI itu mengatakan, layanan perizinan online menjadi hal yang penting saat ini. Lewat online, izin semakin mudah dan cepat. Oleh karena itu, sudah seharusnya PNS ikut membantu.

"Kita dibayar kalau badan usahanya untung. Itu bagian negara 25 persen. Masak kita sudah dibagi seperempat enggak mau bantu lebih baik, kan rada aneh," kata Jonan.

sumber: inews.id

Editor: sella.