HETANEWS

Bumi Alquran Dibuka di Siantar, Kakan Kemenag Siantar Resmikan Pembukaanya

Kakan Kemenag Pematangsiantar diwakili Kasubag Tata Usaha Kemenag, Fadilah saat pemukulan bedug, tanda diresmikannya Bumi Alquran Siantar. (foto/dmk)

Siantar, hetanews.com - Berawal dari kepedulian kepada anak – anak, agar selalu belajar memahami dan mencintai makna alquran, khususnya di kota Pematangsiantar.

Maka keluarga besar M Siregar dan dibantu para donatur yang  berakhlak mulia dan ikhlas, mendirikan Lembaga Pendidikan Alquran Tahsin, Tilawah, Tahfizh yang diberi nama Bumi Alquran Siantar yang disingkat Balqsi. 

Bumi Alquran Siantar ini, terltak di Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Siantar Martoba dan telah diresmikan, pada Senin (5/8/2019), lalu.

Hadir dalam pembukaan Bumi Alquran Siantar ini, yaitu, Kakan Kemenag Pematangsiantar yang diwakili Kasubag Tata Usaha Kemenag, Fadilah SAg, Camat Siantar Martoba, A Sembiring, S.STP MSI, MUI (Majelis Ulama Indonesia) Siantar Martoba, Drs. H. Mucshan Power, KUA Siantar Martoba, Mhd. Zuhri Pulungan, SAg, Lurah Sumber Jaya, Hermansyah, S. Sos. i, serta ratusan undangan.

Sebelum peresmian dan pembukaan, acara diawali dengan pembacaan ayat suci alquran yang dilantunkan oleh Auliyah Karimah SPd, Qoriah nomor 1 di Pematangsiantar. 

Dalam peresmian Bumi Alquran Siantar ini, juga dirangkai dengan penyerahan izin operasional dari Kakan Kemenag Pematangsiantar kepada ketua umum Bumi Alquran, Mangoba Siregar.

Foto bersama usai peresmian Bumi Alquran Siantar. (foto/dmk)

Kemudian dilangsungkan pemukulan bedug oleh Kakan Kemenag dan instansi terkait sebagai simbolis telah dibukanya dan beroperasinya lembaga pendidikan Alquran Tahsin - Tilawah - Tahfizh.

Ketua Umum Lembaga Pendidikan Bumi Alquran, Mangoba Siregar, mengajak para orang tua selalu peduli kepada anak - anaknya tentang betapa pentingnya makna alquran. "Kalau belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu dan kalau belajar sesudah dewasa bagai mengukir di atas air,"ungkapnya.

Selain itu, ketua umum Bumi Alquran yang juga pensiunan pegawai PLN ini, memaparkan visi dan misi berdirinya Bumi Alquran Siantar ini. "Kami bermimpi dan mudah - mudahan menjadi kenyataan, semoga Allah Swt meridhoi, berdirinya bumi alquran Siantar ini, bisa mencetak generasi yang faqih dan qurani alim dalam agama, beramal dengan ilmunya, bijaksana dengan masanya,"paparnya. 

Adapun kepengurusanya, "sebagai pembina, Drs. H. Mucshan, penasihat Mhd. Zuhri Pulungan, S.Ag, Ketua Umum, Mangoba Siregar, Ketua Harian, Ananda Siregar Lc, Sekretaris, Nur Hasanah Faizah Harahap, Bendahara, Auliyah Karimah SPd dan Humas, Sarianto Damanik,"sambungnya.

Diketahui, Bumi Alquran Siantar ini akan mulai beroperasi belajar mengajar, pada Selasa (6/8/2019).

Sedangkan jumlah murid berjumlah 69 murid yang terbagi dalam kategori kelas Tahsin - Tilawah dan Tahfizh.

Penulis: dmk. Editor: gun.