HETANEWS

Tak Dampingi Jokowi ke PLN, Rini Naik Haji

Rini dan Direksi BUMN Naik Haji (Dok : Istimewa)

Jakarta, hetanews.com - Menteri BUMN Rini Soemarno tak terlihat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kunjungan ke kantor pusat PLN, Senin pagi (5/8/2019). Jokowi hanya didampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menkominfo Rudiantara, serta direksi PLN.

Beredar kabar Rini sedang menunaikan ibadah haji bersama sejumlah deputi Kementerian BUMN dan dirut beberapa perusahaan pelat merah.

Lantas apakah benar kabar tersebut? Ini dia fakta selengkapnya. Rini Soemarno bertolak ke Tanah Suci untuk menjalankan Ibadah Haji. 

Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah. Dia mengatakan Rini sudah melaksanakan perjalanan ke tanah suci sejak minggu kemarin.

"Iya (Menteri BUMN lagi naik haji) sudah dari minggu lalu," kata dia saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Saat ditanya apakah Rini ibadah haji dengan rombongan direksi BUMN, dia mengaku tak mengetahui detailnya. "Nggak tahu saya dia ikut travel yang mana," tambahnya.

Rini Soemarno tengah melaksanakan ibadah haji. Perjalanannya ke tanah suci, salah satunya dalam rangka memenuhi nazar karena Indonesia berhasil merebut 51% saham PT Freeport Indonesia (PTFI).

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro mengatakan, Rini pernah berjanji bila Indonesia melalui perusahaan pelat merah berhasil mencaplok mayoritas saham Freeport, dirinya akan pergi ke Makkah bersama dirut BUMN yang terlibat perebutan saham.

"Ibu MBUMN (Menteri BUMN) pernah bernazar pergi haji bareng beberapa dirut yang terkait setelah proses pengambilalihan Freeport selesai," kata Imam kepada detikFinance, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Foto yang beredar menampakkan Rini sedang berada di dalam pesawat dalam perjalanan Haji. Hal itu dibenarkan Imam. Beberapa bos BUMN yang tampak mendampingi adalah Dirut Inalum, Dirut BNI, dan Dirut Bank Mandiri.

Itu dalam rangka memenuhi nazar tersebut, serta memenuhi kewajiban sebagai muslim.

"Iya, memenuhi nazar dan juga karena panggilan Illahi juga untuk menunaikan rukun Islam ke-5, doakan barokah dan mabrur," tambahnya.

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko pun merespons ketidakhadiran Rini mendampingi Jokowi di kantor PLN.

"Ya masa orang naik haji disuruh pulang," kata Moeldoko di kantornya, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Moeldoko mengatakan pada sidang kabinet paripurna tentang rancangan undang-undang (RUU) beserta nota keuangan RAPBN Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta Pusat pun tidak dihadiri oleh Rini Soemarno.

"Saya nggak ngerti juga. Saya tadi nggak ikut beliau (ke kantor PLN).saya nggak ngerti apakah ada BUMN yang mewakili atau bagaimana, bukan bagian langsung dari BUMN Bu Inten nya. Tadi soalnya di Sidang Kabinet juga tidak ada pastinya naik haji. Tadi di sidang kabinet nggak ada," jelasnya.

Dia menambahkan arahan penanganan masalah pemadaman listrik secara massal dilakukan langsung kepada Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani oleh Presiden Jokowi.

"Iya langsung dirut. Sama seperti tentara kalau nggak ada Panglima di Korem, Danremnya langsung, kumpulin, duduk sini," sambung Moeldoko sambil tertawa.
 

sumber: detik.com

Editor: sella.