Siantar, hetanews.com- Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2019 di Kota Pematangsiantar, seluruh instansi pemerintahan serta warga dihimbau untuk mengibarkan bendera merah putih mulai 1 Agustus sampai dengan 31 Agustus 2019.

Himbauan ini disampaikan setelah menindaklanjuti surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia ke pemerintah kota, perihal partisipasi menyemarakkan hari kemerdekaan.

"Himbauan ini juga kami sampaikan kepada camat dan lurah se kota Pematangsiantar untuk menghimbau warganya di wilayahnya masing-masing," kata Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Gilbert Ambarita, Senin (5/8/2019).

Selain bendera merah putih, boleh memasang umbul-umbul, dekorasi atau hiasan lainnya dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan. Dengan itu Gilbert juga berharap, pemasangan bendera merah putih harus memperhatikan pedoman pemasangan bendera sesuai dengan UU No: 24 Tahun 2009.

"Kita tekankan juga, khusus pemasangan bendera merah putih harus yang kondisinya bagus. Jangan dipasang bendera merah putih yang warnanya pudar atau sobek," kata Gilbert menambahkan.