HETANEWS

Listrik Padam, Ini Kata Dirut Nonaktif PLN Sofyan Basir

Direktur Utama (Dirut) nonaktif Sofyan Basir.

Jakarta, hetanews.com - Listrik padam hampir menggelapkan setengah Pulau Jawa pada Minggu, 4 Agustus 2019 sore hingga Senin (5/8/2019) dini hari. Walaupun sempat normal, namun beberapa wilayah kembali terkena pemadaman bergilir pada Senin pagi .

Lantas apa komentar Direktur Utama (Dirut) nonaktif Sofyan Basir. Selama tersangkut kasus hukum dugaan korupsi proyek PLTU Riau-1, mantan dirut Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini tidak mengetahui kondisi terkini PLN, termasuk terkait penyebab listrik padam.

"Enggak tahu saya enggak tahu. Enggak tahu apa-apa," kata Sofyan Basir di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) saat akan memasuki ruang sidang di Jakarta Pusat, Senin (5/8/2019).

Sebagai mantan orang nomor satu di PLN, dia pun menjelaskan energi listrik dapat padam. Sofyan juga meyakini PLN tengah mencarikan solusi terbaik dari padamnya listrik.

Dia juga berharap persoalan tersebut dapat selesai dalam waktu dekat. "Saya sendiri kan buka ahlinya, yah tapi ya solusi sedang dicari mudah-mudahan bisa selesai dalam waktu singkat yah," ujarnya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati jika listrik padam. Dia menyarankan masyarakat untuk memakai genset.

"Cuma hati-hati, semua dijaga supaya kalian rumahnya terang terus kan," imbaunya.

Sebagaimana diketahui, pada Minggu 4 Agustus 2019 siang hingga Senin dini hari tadi listrik padam secara massal di kawasan Jabodetabek dan Jawa Barat. Laporan awal, penyebab padamnya listrik karena gangguan pada transmisi Ungaran–Pemalang sebesar 500 kilovolt.

Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN I Made Suprateka mengatakan gangguan sistem yang terjadi membuat transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan.

Ini juga kemudian diikuti oleh trip seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa. PLN pun memastikan mati listrik yang terjadi secara serentak tersebut bukanlah sabotase, apalagi sampai bernuansa politis.

sumber: inews.id

Editor: sella.