HETANEWS

Gubsu Buka Tebingtinggi Expo Tahun 2019

Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Wagubsu, H Musa Rajekshah saat membuka secara resmi kegiatan Tebingtinggi Expo Tahun 2019 Kota Tebingtinggi.

Tebingtinggi, hetanews.com - Gubernur Sumatera Utara (Gbusu), diwakili Wagubsu, H Musa Rajekshah, membuka secara resmi kegiatan pameran Tebingtinggi Expo Tahun 2019, dalam rangka memperingati hari jadi Kota Tebingtinggi ke - 102, Sabtu (3/8/2019) malam, di Lapangan Merdeka, Jalan Sutomo Tebingtinggi.

Kegiatan ini dikuti sebanyak 61 stand yang terdiri dari jajaran Pemerintah Kota Tebingtinggi, Pemerintah Kota Medan, Kota Pekan Baru, Kota Tanggerang Selatan (Tangsel), Lombok, Kabupaten Serdang Bedagai, Simalungun, Samosir, Batubara, serta pihak Perbankan dan BUMN yang terdiri dari PT Inalum dan Pelindo serta perusahaan swasta baik dalam maupun luar Provinsi Sumatera Utara.

Adapun maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan Tebingtinggi Expo tahun 2019 ini, guna menggairahkan perekonomian di sektor jasa, perdagangan, kualitas, produksi, promosi serta pemasaran, yang merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan expo tahun 2018 yang lalu.

Dimana transaksi tahun 2018 lalu, mendekati angka 1 Milyar dan tahun ini harapannya dapat mencapai hingga 1,3 Milyar.

Kegiatan pameran Tebingtinggi Expo  tahun ini, pada setiap malamnya akan diadakan malam pergelaran budaya yang akan menampilkan budaya-budaya yang ada di Indonesia. Sebelumnya juga telah digelar pawai karnaval budaya yang diikuti oleh lebih kurang 1500 orang peserta yang berasal dari Kota Pekanbaru, Kota Medan, Kabupaten Simalungun, Serdang Bedagai, Kabupaten Batubara serta masyarakat dan pelajar se- Kota Tebingtinggi.

Pawai karnaval ini dilepas oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Tebingtinggi, Jumpa Ukur Sembiring dari halaman Koramil 13 Tebingtinggi yang berada di Jalan KF Tandean dan melintasi Jalan Suprapto hingga menuju Jalan Sutomo, serta mendapat perhatian dan sambutan yang meriah dari ribuan warga masyarakat disepanjang jalan yang dilintasi pawai.

Selanjutnya para peserta pawai karnaval yang menampilkan berbagai kesenian dan pakaian adat budaya masing-masing daerah tersebut disambut meriah dipanggung kehormatan oleh Wali Kota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan, bersama tamu kehormatan, diantaranya, Wali Kota Pekanbaru, Bupati Pekalongan H Asip kholbihi dan Direktur Eksekutif APEKSI, Sri Indah Wibi Nastiti besarta FKPD Kota Tebingtinggi.         

Dalam sambutannya, Wagubsu Musa Rajecksyah mengharapkan, kiranya acara seperti ini dapat menggerakan roda perekonomian daerah dan dengan expo ini kita bisa memperkenalkan sekaligus memasarkan hasil-hasil produk lokal dan daerah yang ada. "Diharapkan para bupati dan wali kota di Sumut dapat menggerakkan potensi yang ada di daerahnya, yang dibarengi dengan berbagai kreatifitas dan inovasi," ujar Wagubsu.

Dikatakan Musa Rajecksyah, selama 11 bulan, dirinya menjabat sebagai Wagubsu, ini adalah yang ke tiga kalinya dirinya datang ke Kota Tebingtinggi guna mengikuti berbagai kegiatan yang seperti ini, dan luar biasanya lagi, Kota Tebingtinggi tidak saja hanya mengajak kabupaten/kota yang ada di Sumut untuk turut berpartisipasi, namun juga mengundang kabupaten/kota dari berbagai luar Provinsi Sumut.  

Sementara itu, Wali Kota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan, Insya Allah event ini direncanakan akan dilaksanakan setiap tahun. Dan kiranya kegiatan ini dapat memberikan motivasi serta semangat kepada seluruh usaha mikro kecil dan menengah di Kota Tebingtinggi maupun yang berasal dari kota lain di Indonesia untuk dapat memamerkan berbagai hasil produktifitas serta kreativitasnya, dan tentunya ini juga sebagai ajang promosi bagi produksi-produksi yang dihasilkan.

Turut hadir dalam kegiatan in,i Ketua DPP Apeksi diwakili Ketua Korwil I yang sekaligus  Wali Kota Pekanbaru, Direktur Eksekutif Apeksi, Wakil Wali Kota Tebingtinggi, Bupati Pekalongan, Bupati dan Wakil Bupati Batubara, Wakil Bupati Serdang Bedagai, Wakil Bupati Samosir serta Bupati Pakpak Barat.

Acara pembukaan Tebingtinggi Expo Tahun 2019 ini, ditandai dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita oleh Wagubsu dan dilanjutkan dengan peninjauan ke stand para peserta expo.

Penulis: rps. Editor: gun.