HETANEWS.COM

Arie Prasetyo: Seluas 530 Ha Lahan Taman Bunga Nusantara Disiapkan di Parsingguran

Direktur BODT, Arie Prasetyo (memegang buku sampul hitam), saat berada di Pacuan Kuda Siborongborong, Tapanuli Utara. (foto/Rachmat Tinton/Karmawan Silaban)

Humbahas, hetanews.com - Direktur Badan Otorita Danau Toba (BODT), Arie Prasetyo, mengatakan, kunjungan presiden RI, Ir Joko Widodo, di Daerah Kawasan Danau Toba, telah menghasilkan kebijakan pengembangan destinasi pariwisata Danau Toba dan diputuskan berdasarkan kunjungan di lapangan.

Hal itu dikatakan Arie Prasetyo, kepada sejumlah awak media, kala dirinya ikut mendampingi lawatan Presiden Jokowi ke Dusun VII Sipariama, Desa Parsingguran II, Kecamatan Pollung, Humbang Hasundutan (Humbahas), Rabu (31/7/2019) kemarin.

Diterangkan Arie, berdasarkan kunjungan Presiden ke Danau Toba, beberapa lokasi yang di kunjungi akan  dikemas menjadi lokasi objek wisata sesuai dengan situasi di lapangan.

Beberapa lokasi yang di kunjungi,  dijadikan menjadi objek wisata. Semisal lahan pertanian dan peternakan menjadi agrowisata, dan lokasi-lokasi lain-lainnya.

"Dukungan pemerintah pusat tersebut, merupakan sinyal  kepada pemerintah daerah di kawasan Danau Toba, agar kompak dan bersinergi dalam percepatan pengembangan pariwisata,"sebut Arie.

Arie Prasetyo juga  membantah tentang adanya rumor pekerjaan BODT tidak maksimal, karena kurang koordinasi dengan Pemkab, Pemprov, Kementerian, dan BODT.

Ia menegaskan, pihaknya telah melakukan bentuk kordinasi, akan tetapi karena daerah di kawasan Danau Toba sangat luas, terdiri dari 8 kabupaten, sehingga membutuhkan waktu.

"Akibat jarak itu, komunikasi kita cukup jauh. Sehingga dalam memutuskan perlu berpikir, kawasan mana dulu yang harus dikerjakan dan dikembangkan,"jelasnya.

"BODT sendiri, memiliki tugas koordinatif dan kuantitatif untuk melihat langsung potensi. Dalam hal kordinasi, perlu lebih ditingkatkan, sehingga pengembangan pariwisata di Danau Toba dapat lebih maksimal,"sambungnya.

Terkait pengembangan taman bunga, kata Arue, semuanya sudah dibahas. Pembangunannya  akan di percepat. Proses penyiapan lahan seluas 530 Ha sudah dalam proses di Desa Parsingguran II, Kecamatan Pollung, Humbahas.

"Tahun ini, (biaya kolektif) dana pengembangan Danau Toba mencapai triliunan rupiah untuk pembangunan pelabuhan, jalan tol, bandara dan peruntukan lainya,"pungkas Arie.

Penulis: rachmat. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan