HETANEWS

Hakim PN Simalungun Ringankan Vonis Kades Bahapal Raya Jadi 1 Tahun

Terdakwa saat akan meninggalkan ruang sidang usai dibui 1 tahun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Kades Bahapal Raya, Jan Nofri Walmer Saragih (43), divonis 1 tahun penjara, dikurangi masa tahanan sementara yang telah dijalani, di PN Simalungun, Kamis (1/8/2019).

Selain pidana penjara, hakim juga membebankan denda Rp.500 juta. Dan jika tidak dibayar, maka diganti dengan pidana penjara selama 1 bulan.

Vonis majelis hakim, pimpinan A Hadi Nasution SH MH, didampingi hakim anggota, Nasfi dan Mince, lebih ringan dari tuntutan jaksa, Augus Vernando Sinaga SH. 

Terdakwa sebelumnya dituntut 1,6 tahun denda Rp.500 juta subsider 2 bulan.

Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melanggar pasal 12 huruf e Jo pasal 83/2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan Jo pasal 55 (1) ke-1 KUH Pidana.

Kades ini, terbukti turut serta mengangkut kayu dari hutan produksi, dengan menyewa angkutan dan juga memberi upah kepada Risdo Damanik (DPO) untuk menebang pohon Meranti menjadi kayu olahan sebesar Rp.1.500.000.-.    

Menurut hakim, kayu Meranti yang diambil terdakwa dari hutan produksi sesuai keterangan ahli. Perbuatan itu, dilakukan terdakwa, pada Januari 2019.

Lalu menyuruh Jaimbang Purba mengangkut kayu olahan dengan truck colt diesel BK 8044 WA. Sebanyak 45 batang kayu olahan hanya dilengkapi surat jalan yang dibuat oleh terdakwa sebagai Kepala Desa tertanggal Selasa, 22 Januari 2019.   

Naas, di tengah perjalanan, tepatnya di Jalan Sutomo Kelurahan Sondi Raya, truk yang dikemudikan Jaimbang Purba dihentikan petugas kehutanan. Tapi sopir truk tidak dapat menunjukkan dokumen kayu ataupun Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan (SKSHH).

Penulis: ay. Editor: gun.