HETANEWS.COM

Kunker ke Humbahas, Ini Dilakukan Presiden Jokowi di Desa Parsingguran

Presiden Joko Widodo didampingi Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor saat berkunjung ke Dusun VII Sipariama, Desa Parsingguran II, Kecamatan Pollung. (Foto : Rachmat Tinton)

Humbahas, hetanews.com  - Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi), meninjau proyek pertanian dan peternakan, di Dusun VII Sipariama, Desa Parsingguran II, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, yang disambut Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, SE dan Ketua TP PKK, Lidya Kristina Dosmar Banjarnahor, Rabu (31/7/2019).

Dilansir dari page Facebook  Diskominfo Humbahas, pada kesempatan itu, Presiden Jokowi memuji hasil pertanian organik yang sudah dilakukan  Pemkab Humbahas.

“Saya coba tadi jeruk, segar sekali rasanya, karena udaranya cocok, juga tanahnya cocok. Kemudian bawang putih tahun 2018 kemarin dicoba, ternyata hasilnya bawang putihnya wangi, ada wanginya dan organik. Kemudian cabainya juga kelihatan segar tapi pedas,”kata Jokowi.

Orang nomor satu di Indonesia itu, juga mengharapkan bawang putih Humbahas dapat suplaire  Provinsi Sumut.

“Kita harapakan bawang putih misalnya, tidak usah mensuplai nasional, tapi suplai Provinsi Sumuatera Utara udah, itu sudah bagus banget,”ujarnya.

Di kesempatan itu, Presiden juga  meninjau proyek percontohan pengembangan ternak sapi berjenis belgian blue yang merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian  terhadap salah satu kelompok tani di desa setempat. Di sana, Presiden memaparkan sejumlah harapannya. Ia berharap, tiga ekor sapi bantauan itu, dapat menjadi bibit unggul bagi pemenuhan kebutuhan daging nasional, di masa mendatang.

Saat ditanya wartawan mengenai kemungkinan mengembangkan peternakan sapi tersebut, di daerah lain? Presiden Jokowi menegaskan akan mengoptimalkan satu titik dulu.

"Satu-satu dulu, dibenerin dulu, digedein dulu. Nanti kalau betul-betul produktif, betul-betul bisa menjadi contoh ya gampang, kan tinggal copy ke tempat lain gampang,"tukasnya.

“Sekarang di Humbang Hasundutan, mungkin dikembangin lagi di Karo, dikembangin lagi di Tapanuli Utara, dikembangin lagi di Tobasa, yang kira-kira udaranya mirip di sini,” imbuh Presiden Jokowi.

Kedatangan presiden ini, ditutup dengan interaksi dengan masyarakat dan pembagian cinderamata, berupa kaos dan buku kepada warga yang hadir.

Kegiatan ini, turut dihadiri oleh Menko Kemaritiman, Jendral TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan, MPA , Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR, Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M. Sc., Ph. D., Menteri Pariwisata, Dr. Ir. Arief Yahya, M. Sc., Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko, dan Gubernur Sumatera Utara, Letnan Jendral (Purn.) H. Edy Rahmayadi, Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlindungan Simamora, Sekertaris Daerah Humbang Hasundutan, Drs. Tonny Sihombing, M. IP , Ketua Badan Otorita Danau Toba (BODT), Arie Prasetyo, Pimpinan OPD Kabupaten Humbang Hasundutan, dan Tokoh Masyarakat.

Penulis: rachmat. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan