HETANEWS.COM

Kunjungi Salib Kasih di Taput, Presiden Jokowi Beli Jaket Ulos Sibolang Rasta

Presiden Joko Widodo (kanan) mengunjungi Taman Wisata Salib Kasih di Kota Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumut, Selasa (30/7/2019). (foto/Akbar Nugroho Gumay)

Tarutung, hetanews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi kawasan wisata Salib Kasih, di Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), Selasa (30/7/2019). Presiden bahkan sempat membeli jaket berbahan kain ulos khas suku Batak di tempat yang dibangun untuk mengenang jasa misionaris Kristen dari Jerman, Ingwer Ludwig Nommensen itu.

Presiden awalnya melihat-lihat sejumlah jaket ulos yang tergantung di rak, antara lain berwarna hitam dengan corak merah putih, serta warna merah dengan corak kuning. Setelah itu, Jokowi memutuskan membeli jaket dari ulos Sibolang Rasta. Satu untuknya, dan satu lagi untuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. 

Baca juga: Hari ke-2 di Danau Toba, Jokowi Kunjungi Taman Wisata

Jokowi pun mengunggah fotonya saat memegang jaket dari ulos berwarna merah dengan corak kuning yang dibelikannya untuk Menteri PUPR di akun Instagramnya. 

“Ini jaket khas Tapanuli, jaket dari kain ulos jenis Sibolang Rasta, pagi ini di kawasan wisata Salib Kasih, Sumatra Utara. Saya pilihkan khusus untuk Pak Basuki, Menteri PUPR. Bayar sendiri ya,” tulis Jokowi dalam akun Instagram.

Presiden Jokowi mengunggah fotonya saat memilih-milih jaket dari ulos di Taman Wisata Salib Kasih, Tarutung, Kabupaten Taput, Sumut, di akun Instagramnya, Selasa (30/7/2019). (Foto: Instagram)

Menurut keterangan Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Presiden juga meninjau pengembangan kawasan wisata religi itu bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja ke beberapa destinasi seperti taman buah dan taman bunga. Suasana di sana begitu asri dengan vegetasi pohon pinus maupun kabut yang menyelimuti daerah berbukit yang hijau itu.

Sementara ribuan warga ramai-ramai datang ke lokasi Presiden berkunjung untuk bertemu langsung dengan orang nomor satu di Indonesia itu. Mereka bergantian bersalaman maupun berswafoto dengan Presiden dan Ibu Negara Iriana Jokowi.

Masyarakat mengelu-elukan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi serta rombongan saat meninggalkan kawasan Salib Kasih. Sementara mobil yang membawa Presiden Jokowi saat meninggalkan kawasan Salib Kasih dan melaju di Jalan Mayjen Samosir, Jalan DI Panjaitan, hingga Jalan Sisingamangaraja Tarutung, juga disambut meriah ribuan warga di sepanjang jalan protokol tersebut.

Warga berduyun-duyun berupaya bersalaman dengan sang presiden. “Jokowi....Jokowi...,” kata ribuan masyarakat di sepanjang sisi jalan yang dilalui.

Presiden Joko Widodo (tengah) berjabat tangan dengan warga saat mengunjungi Taman Wisata Salib Kasih di Tarutung, Kabupaten Taput, Sumut, Selasa (30/7/2019). (foto/Akbar Nugroho Gumay)

Perjalanan rombongan Presiden yang meninggalkan kawasan wisata Salib Kasih sekitar pukul 08.50 WIB menuju Siborongborong pun sempat tersendat karena dihadang warga yang ingin bersalaman dengan Presiden. Mereka berteriak histeris dan berupaya menghentikan sedan hitam yang dinaiki Jokowi.

Presiden Jokowi dengan semringah mengapresiasi sambutan masyarakat. Presiden juga memberikan sejumlah bingkisan berupa baju kaos kepada warga. Presien juga melayani warga yang ingin bersalaman dan berswafoto dengannya.

Mobilitas rombongan Presiden baru dapat berjalan lancar setelah upaya petugas Paspampres dibantu petugas pengamanan lainnya mampu melancarkan jalur lintas. Sekitar pukul 09.45 WIB, rombongan akhirnya melaju meninggalkan Tarutung menuju Siborongborong.

sumber: inews.id

Editor: Sella Simorangkir.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan