HETANEWS

Bos Yamaha Berharap Quartararo Pacu Motivasi Rossi dan Vinales

Spanyol, hetanews.com - Prinsipal tim MotoGP Monster Yamaha Lin Jarvis merasa kehadiran rider Petronas Yamaha Fabio Quartararo turut memacu motivasi duet pembalapnya sendiri Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Keadaan itu diduga menjadi pemicu meningkatnya performa Vinales. 
 
Pada awal musim ini penampilan Rossi dan Vinales memang tak terlalu gemilang, dan kesulitan mencapai posisi podium. Tetapi, Quartararo kemudian muncul dan berhasil merebut pole position di tiga balapan. 
 
Jarvis pun mengaku terkesan dengan Quartararo. Meski menggunakan motor spek satelit, dia bisa lebih bersinar ketimbang pembalap tim pabrikan Yamaha. Jarvis pun tak ragu menargetkan rider asal Prancis itu untuk mengisi tempat di timnya. 
 
“Saya rasa Quartararo memiliki masa depan yang cerah, dan semoga bersama Yamaha. Kami akan berusaha untuk mempertahankannya. Dia menjadi patokan pembalap kami yang sekarang. Dia turut menstimulasi motivasi mereka,” kata Jarvis. 
 
Jarvis sendiri mengaku heran bagaimana seorang debutan seperti Quartararo justru menjadi contoh  bagi veteran seperti Rossi dan Vinales. Sejauh ini, hal itu menunjukkan hasil, dengan Vinales menjadi juara pada GP Jerman Juni lalu. 
 
“Biasanya pembalap debutan yang membutuhkan dorongan. Namun, ketika Valentino dan Maverick mengalami kesulitan, mereka yang harus mencontoh Fabio. Motor mereka kurang lebih sama, atau satu tingkat lebih rendah. Jika Fabio bisa, seharusnya kami juga bisa melakukannnya,” ujarnya. 
 
Meski begitu, Jarvis tidak mau terlalu mengagungkan Quartararo. Walau sang pembalap sudah menampilkan performa yang bagus, dia masih belum memenangkan balapan. Jarvis merasa ada faktor lain yang membuat Quartararo tampil impresif. 
 
“Sejauh ini, dia merupakan rider dengan potensi yang besar. Tetapi, kami harus berhati-hati, karena dia masih belum menang. Terkadang kombinasi dari berbagai faktor membuat seorang pembalap tak mengalami tekanan,” tutur Jarvis.

sumber: inews.id

Editor: sella.