HETANEWS

Potensi Sumber Daya Alam dari Mual Kobun

Lokasi Mual Kobun

Siantar, hetanews.com- Sumber daya alam yang berpotensi untuk digali menjadi tempat wisata pemandian di Kota Pematangsiantar salah satunya adalah Mual Kobun. 

Mual Kobun  berada diantara aliran sungai yang terletak di Jalan Mata Air, Kelurahan Aek Nauli, Kecamatan Siantar Selatan. Warga sekitar menyebut mata air itu sebagai Mual Kobun.

Air sungai di sekitar Mual Kobun sangat jernih. Warga sekitar menjadikan tempat ini sebagai pemandian alternatif. Warga juga sering mengambil air dari mata air tersebut untuk dikonsumsim

Satu tahun lalu, tepatnya perayaan hari kemerdekaan17 Agustus 2018, pemerintah kelurahan setempat berinisiasi menjadikan Mual Kobun sebagai tempat perlombaan tujuh belasan bekerjasama dengan warga sekitar. 

Ini merupakan salah satu upaya pemerintah kelurahan dalam memberikan perhatian kepada salah satu sumber daya alam yang perlu dilestarikan. 

Kali ini pihak kelurahan menggandeng pihak kecamatan bekerjasama dengan BLH, BPBD, Karang Taruna serta warga setempat bergotong royong melakukan pemugaran sekitar Mual Kobun. 

”Bila pemerintah serius untuk mengembangkan potensi wisata di Kota Siantar, ini adalah salah satunya. Walikota atau dinas terkait silahkan datang dulu ke sini, lihatlah lokasinya,” kata seorang warga yang turut ikut bergotong royong.

Menurut pria bermarga Siahaan ini, untuk menjadikan Mual Kobun sebagai salah satu tujuan wisata khususnya pemandian alam, memang membutuhkan dana yang cukup besar, sebab memerlukan perbaikan tempat

"Kalau Mual Kobun ini dijadikan sebagai tempat liburan keluarga sangat cocok. Airnya boleh dibendung dulu dan dibuat kolam-kolam untuk tempat pemandian," katanya.

Ia menambahkan jika Mual Kobun sebagai salah satu wisata pemandian alam tentu masyarakat sekitar setuju. Apalagi itu dapat mendukung perekonomian warga sekitar.

Penulis: gee. Editor: edo.