HETANEWS

Wabup Samosir dan Bank Mandiri Serahkan Dana Bedah Rumah Tahap I

Wabup Samosir, Juang Sinaga saat foto bersama warga penerima bantuan bedah rumah dengan dinas terkait. (foto/stm)

Samosir, hetanews.com - Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga bersama pihak Bank Mandiri, menyerahkan dana Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)  atau biasa disebut bedah rumah kepada 238  Kepala Keluarga (KK), untuk tahap I (pertama), Kamis (25/7/2019), lalu, di Kantor Camat Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Untuk tahap pertama, terdiri dari Kecamatan Harian, dengan desa penerima adalah Desa Hutagalung sebanyak 33 Kepala Keluarga (KK) dan Sosor Dolok 48 KK.

Di Kecamatan Palipi, yaitu Desa Saornauli Hatoguan sebanyak 56 KK, dan Kecamatan Nainggolan yaitu Desa Sibonor Oppu Ratus sebanyak 44 KK serta Kecamatan Onan Runggu, yaitu Desa Janji Matogu sebanyak 30 KK dan Huta Hotang sebanyak 27 KK.

Adapun dana yang diterima masing-masing KK adalah sebesar Rp. 17.500.000  untuk 238 KK.

Dana sebesar Rp17.500.000 tersebut, terdiri dari Rp15.000.000 utk bahan bangunan dan Rp2.500.000 untuk upah tukang.

"Bantuan tersebut bersifat stimulant, sehingga dapat merangsang si penerima bantuan untuk membuat rumah mereka menjadi lebih layak huni,"ujar Wabup Samosir.

Juang juga meminta peserta penerima program bedah rumah BSPS untuk ikut membantu pembangunan rumahnya. "Jangan karena dibayar pemerintah pembangunan rumahnya, pemilik tidak mau bekerja,” ucap Juang.

Ditempat yang sama, pimpinan Bank Mandiri KSP Pangururan, Andika Sitompul juga menyampaikan, bahwa dengan dana tersebut dapat membangun ukuran rumah 6 x 6 m.

"Akan tetapi jika penerima bantuan ingin menambah luas bangunan maka dapat berkoordinasi dengan koordinator fasilitas (Korfas) dan konsultan BSPS dan tentunya akan menambah dana utk menambah luas bangunannya," ujar Andika.

Sedangkan jumlah penerima BSPS untuk seluruh Kabupaten Samosir secara keseluruhan yang akan disalurkan Bank Mandiri adalah sebanyak 1.247 KK, pada tahun 2019 ini.

Dana bedah rumah BSPS tersebut, berasal dari Pemerintah melalui Kementerian PUPR Republik Indonesia.  

Penulis: stm. Editor: gun.