HETANEWS

Hari Ketiga Lowongan Mitra Gojek, Pelamar Semakin Membludak

Ratusan pelamar mitra Gojek Pematangsiantar, Jumat 26 Juli 2019.

Siantar, hetanews.com - Jumlah pelamar untuk mitra Gojek Pematangsiantar semakin membludak. Hal itu terlihat di hari ketiga setelah dibukanya penerimaan mitra Gojek di Kota Pematangsiantar pada Rabu kemarin.

Dari pantauan di halaman kantor Gojek Pematangsiantar, Jalan Medan, Kecamatan Siantar Martoba, Jumat (26/7/2019) siang pukul 10.30 WIB, ratusan pelamar memadati halaman pintu kantor Gojek.

Mereka berebutan untuk menyerahkan berkas lamaran melalui pintu. Sementara pintu kantor Gojek ditutup rapat dan dijaga. Diantara pelamar dilokasi ada yang tidak terima. Mereka memaksa mendorong dari belakang kerumunan para pelamar. 

Petugas polisi yang ada dilokasi berupaya menenangkan desakan para pelamar itu. Petugas minta supaya pelamar duduk menunggu antrian. Namun itu tidak berlangsung lama. Saat pintu kantor Gojek dibuka untuk meminta lamaran, ratusan orang yang berada di depan pintu kembali berdiri dan saling dorong.

"Tadinya ini ada antrian, tapi karena sudah ramai yang datang, jadi kek ginilah. Semua berebut ngasih lamaran," kata Rico. 

Melihat kejadian itu, para pelamar mendesak manajemen Gojek Pematangsiantar supaya berlaku adil kepada semua pelamar. Mereka meminta pelamar yang berada dibelakang kerumunan itu juga diberi kesempatan untuk menyerahkan berkas lamaran mereka.

"Jangan gitulah caranya pak, gak profesional gitu. Itu namanya gak adil, kumpuli nomor handphone lah, diacak, supaya kebagian semua. Woi Gojek ambil sikaplah," teriak seorang pria berambut gondrong yang berdiri diatas sepeda motor.

Beberapa menit setelahnya, seorang pria kemudian meminta fotocopi para pelamar untuk dikumpulkan. Upaya itu dilakukan untuk menghindari desakan saat menyerahkan lamaran. Melalui fotocopi KTP yang diserahkan, pihak Gojek memanggil satu persatu pelamar untuk menyerahkan berkas lamaran mereka.

Pelamar Pasang Tenda dan Begadang

Dintara ratusan pelamar, ada diantara mereka dari Kamis kemarin sengaja memasang tenda di halaman kantor Gojek Pematangsiantar untuk menginap. Sejak malam tadi, kantor Gojek sudah ramai didatangi pelamar.

"Ada yang sampai begadang disini, mereka pasang tenda. Tadi malam aku disini sampai jam 2 pagi. Sudah ramai orang disini menunggu," kata salah seorang pelamar mitra Gojek, Rico.

Ia mengatakan, di hari ketiga setelah dibukanya lowongan untuk mitra Gojek, pagi tadi sekitar pukul 06.00 WIB para pelamar semakin mebludak. Para pelamar sudah menunggu. Sementara pihak manajemen enggan membuka kantor.

"Jam 6 pagi sudah rame disini. Kalau dibuka pendaftarannya kira kira jam 08.30 WIB. Itu pun orang itu takut, sudah ramai kali disini, gak berani orang itu buka pintu. Pas ada polisi tadi, baru lah dibuka pendaftaranya," imbuhnya.

Masih dilokasi, salah seorang Driver Gojek Pematangsiantar berpandangan lain terhadap membludaknya jumlah pelamar yang tak sebanding dengan kuota yang dibutuhkan. 

Menurut dia, sebagian para pelamar ojek online sering memanfaatkan kesempatan ini untuk mendaftar dan kembali menjual akun dengan harga Rp 5 sampai Rp 6 Juta. Hal itu kata dia, dapat dilihat dari beberapa driver yang identitasnya tidak sesuai dengan data yang ada.

"Banyak sekarang yang jual akun. Di Siantar ini pasaran akun 5 sampai 6 Juta kalau dijual. Jadi, kebanyakan yang melamar ini ada ada aja yang minjam data untuk lamaran. Baru setelah akunnya ada, langsung dijual. Kan beruntung dia," kata Pria yang enggan mamanya dicantumkan.

Menurut pria yang sudah 2 tahun kerja sebagai driver Ojek Online (Ojol)  ini, transaksi jual akun ini akhir akhir marak. Bahkan penjualannya terang-terangan di grup sosial media semisal Black Market.

"Aku gak terlu percaya kalau yang melamar ini mau kerja jadi Ojol. Karena nampaknya muka-muka orang yang  mau kerja. Kalau ini (pelamar), ada ada ajanya yang mafia disini," tukasnya.

Hingga berita ini diiturunkan, belum ada keterangan resmi dari manajemen Gojek Pematangsiantar mengenai jumlah kuota yang dibutuhkan mitra Gojek di Kota Pematangsiantar.

Baca juga: Pelamar Driver Gojek di Siantar Berjibun, Hari Ini Hanya untuk 50 Orang

Penulis: gee. Editor: edo.