HETANEWS

Di Siantar Caleg Terpilih Belum Bisa Ditetapkan, Masih Ada Gugatan Nasdem Di MK

Pelona KPU Siantar.(Foto/Doc Hetanews)

Siantar, hetanews.com - Sampai saat ini Caleg Terpilih dalam Pemilu 17 April lalu masih belum dapat ditetapkan oleh KPU Kota Siantar, hal ini disebabkan karena masih adanya gugatan salah satu Parpol yakni Nasdem di Mahkama Konstitusi (MK).

Dihubungi, Kamis (25/07/2019) Ketua KPU Siantar Dhaniel Sibarani menyebutkan mereka belum bisa menetapkan Caleg terpilih, hal itu disebabkan adanya gugatan dari Partai Nasdem di MK.

"Masih belum, karena ada gugatan dari Nasdem ke MK yang gugatannya berisi soal penggelebungan suara," katanya.

Dijelaskan Komisioner KPU Bagian Hukum Christian Panjaitan bahwa saat ini masih dalam proses persidangan di MK.

"Iya gugatan itu menurut Nasdem adanya penggelembungan suara di TpS 27, Kelurahan Melayu, Kecamatan Siantar Utara,"jelasnya.

Ditanya berapa kali persidangan lagi sampai mencapai putusan akhir, Christian menyebutkan mungkin tinggal menunggu putusan akhir.

" Hari ini juga tadi ada sidang, tapi karena menurut Pengacara dan KPU tidak diperlukan menghadirkan saksi makanya kita engga berangkat, kalau tidak ada halangan, mudah-mudahan tinggal menunggu putusan akhir ini, karena isinya tidak diperlukan menghadirkan saksi tinggal menunggu putusan akhir,"paparnya.

Ditanya apaka ada kemungkinan terburuk seperti Pemungutan Suara Ulang (PSU) atau perhitungan suara ulang?, Christian menyebutkan semua kemungkinan masih ada, namun KPU berharap kemungkinan yang terbaik.

"Yah kalau tuntutan Nasdem seperti itu, tapi kan kita harapkan yang terbaik, kalau aku lihat engga sih (PSU), karena yang terjadi itu cuma salah penulisan, jadi tidak ada sama sekali penggelembungan seperti yang mereka tuduhkan,"paparnya.

Ditanya jikapun nanti tidak ada kemungkinan terburuk tersebut, kapan nanti akan dilakukan penetapan?, Christian mengatakan hal itu akan diplenokan lagi.

" Nanti kita kordinasikanlah ke bagian teknis, karena itu bagian mereka, baru nanti kita plenokan,"sebutnya.

Penulis: tom. Editor: tom.