HETANEWS

Rambu Lalin di Video 'Profesor Ceramahi Polantas' Diganti Lagi

Rambu dalam video 'profesor ceramahi polantas' diganti lagi. (ist)

Surabaya, hetanews.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya kembali mengganti rambu putar-balik (U-Turn) dalam video 'profesor ceramahi Polantas' yang sempat viral. Dishub mengganti dengan rambu larangan putar balik. 

Rambu larangan tegas putar balik itu hanya berlaku untuk kendaraan roda 4 saja. Sedangkan untuk roda 2, masih tetap diperbolehkan putar balik seperti aturan awal. Dengan syarat mengikuti isyarat lampu lalu lintas.

Kepala Dishub Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat membenarkan bahwa pihaknya telah mengganti rambu tersebut. Menurutnya, penggantian rambu yang ada di putaran balik Jalan Jemur Andayani, Surabaya itu hasil koordinasi akhir dengan pihak kepolisian Surabaya.

"Belum ada, karena biasanya warga sudah paham," terangnya.
"Iya mas hasil koordinasi terakhir dengan kepolisian," kata Irvan saat dihubungi, Kamis (25/7/2019).

Alasan penggantian dengan rambu larangan, terang Irvan, dikarenakan selama ini banyak masyarakat yang mengartikan rambu U Turn itu sebagai rambu putar balik untuk semua kendaraan. Padahal hanya untuk roda 2 saja.

Irvan melanjutkan, pergantian hanya dilakukan di simpang Jemur Andayani saja. Ia mengaku belum mendapat laporan dari tempat lain mengenai masalah rambu-rambu lalu lintas.

Irvan pun mengimbau masyarakat yang menemukan rambu-rambu membingungkan segera menghubungi pihak dishub atau kepolisian. "Bisa berkirim surat ke dishub atau kepolisian nanti kita rapatkan atau koordinasikan," lanjutnya.

Sebelumnya, rambu U-Turn di Jemur Andayani sempat menjadi perbincangan warga net setelah video aksi seorang profesor bernama Sudjijono viral di media sosial. Dalam video itu, sang profesor menceramahi Polantas mengenai aturan rambu.

Usai ramai di media sosial, rambu tersebut kemudian diganti menambahkan keterangan "Khusus & 2 dan Ikuti Isyarat Lampu". Namun dari pantauan terakhir rambu putar balik itu kembali diganti menjadi larangan tegas putar balik bagi roda 4. Dengan diikuti kalimat ' Kecuali Roda 2 & Ikuti Isyarat Lampu'. 

sumber: detik.com

Editor: sella.