HETANEWS

Wali Kota Buka Work Shop P4GN di Lingkungan Pemko Tebingtinggi

Wali Kota yang di wakili Plt Asisten Adm Umum, Bambang Sudaryono saat membuka kegiatan work shop P4GN di lingkungan Pemko Tebingtinggi. (foto/rps)

Tebingtinggi, hetanews.com - Wali Kota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan, di wakili Plt Asisten Adm Umum, Bambang Sudaryono, membuka kegiatan work shop Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) bagi OPD-OPD di lingkungan Pemko Tebingtinggi yang diselenggarakan  BNNK Tebingtinggi, Rabu (24/7/2019).

Dalam arahan Wali Kota, yang disampaikan Bambang Sudaryono, menyatakan, bahwa dari berbagai permasalahan yang ada, salah satu masalah besar yang saat ini dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah masalah narkotika. Bahkan Presiden RI, menyatakan jika negara Indonesia saat ini telah masuk dalam kategori darurat narkoba.

Dengan berbagai produk hukum yang ada, baik dari mulai undang-undang, perpres, inpres, permen dan berbagai kebijakan diterbitkan oleh pemerintah, bahkan sampai pada tingkat kabupaten/kota di seluruh Indonesia, turut mengeluarkan kebijakannya, termasuk di Kota Tebingtinggi yang dikeluarkan oleh Wali Kota untuk memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika ini.       

Berbagai kebijakan yang telah diterbitkan oleh Wali Kota Tebingtinggi dan yang terbaru adalah kerjasama antara Pemerintah Kota dengan DPRD Tebingtinggi dengan menerbitkan peraturan daerah (Perda) tentang pemberantasan narkotika, di wilayah hukum Kota Tebingtinggi yang saat ini masih dalam proses eksamintasi, di tingkat Gubernur.        

Berbagai kebijakan ini telah dilakukan dan dilaksanakan oleh pemerintah Kota Tebingtinggi, khususnya didalam lingkungan aparatur sipil negara (ASN), yang mana disetiap adanya pergantian pejabat diwajibkan untuk mengikuti pemeriksaan tes urine guna mengetahui pejabat tersebut bebas dari pengunaan narkotika atau tidak.

"Demikian juga di kalangan pelajar, ormas, para ulama dan pemuda sudah memiliki satgas-satgas anti narkotika, dan perannya ini diharapkan dapat menekan sekecil mungkin perihal peredaran narkotika di Kota Tebingtinggi ini," ujarnya.

Kegiatan work shop ini berlangsung selama sehari penuh dan menghadirkan narasumber antara lain, Ketua PN Tebingtinggi, MY Girsang serta Plt Kepala BNNK Tebingtinggi, Mahsuriani Saragih.

Penulis: rps. Editor: gun.