Humbahas, hetanews.com - Rumah Sakit Umun Derah (RSUD) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), bekerjasama dengan PT Sidomuncul dan Yayasan Kepak Sejahtera, melaksanakan bakti sosial, dengan menggelar operasi bibir sumbing gratis untuk  12 orang  pasien dan operasi mata katarak untuk  27 orang pasien, Rabu (24/7/2019).

Penanggung jawab  operasi bibir sumbing, Dr Henri Romulo Manalu, kepada wartawan mengatakan,  saat dibuka pendaftaran untuk operasi bibir sumbing, ada sebanyak 17 orang yang mendaftar. Namun karena adanya sejumlah verifikasi yang dilakukan oleh timnya, yang memenuhi syarat dan berhak ikut adalah 12 orang.

Romulo menyebutkan, untuk saat ini sudah dilakukan penanganan operasi sebanyak 10 orang pasien, selebihnya akan dilakukan operasi secepatnya.

"Sudah dilakukan operasi kepada pasien. Operasi berjalan sukses, akan dilakukan operasi untuk kedua pasien lainnya," ujarnya kepada sejumlah awak media.

Direktur RSUD Doloksanggul, Dr Netty Iriani Simanjuntak dalam laporanya mengatakan,  jumlah pasien sebanyak 17 orang dan yang layak mengikuti operasi sebanyak 12 orang pasien. Sedangkan untuk pasien katarak yang terjaring hanya sebanyak 27 orang dari 70 orang. Secara keseluruhan, peserta yang mendaftar berasal dari berbagai Kabupaten, seperti Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Kabupaten Samosir, Kabupaten Humbahas, dan kabupaten lainnya.

"Kedepan kegiatan dan kerjasama seperti  ini akan tetap berkesinambungan. Dengan demikian, kegiatan akan mampu memberikan yang terbaik kepada masyarakat sekitar.Harapan kedepan, RSUD akan menjadi rumah sakit pilihan bagi masyarakat Humbahas maupun masyarakat kabupaten sekitarnya,"ujar Netty.

Sementara itu, Ketua Yayasan Kepak Sejahtera, Edward Aritonang menyebutkan, pihaknya sudah ketiga kalinya mengikuti acara atau kegiatan bakti sosial seperti ini.

Dikatakannya, pihaknya juga telah melakukan penyuluhan kepada masyarakat petani dan juga peternak, agar mengembangkan diri menuju pola hidup yang lebih sehat. Karena hal itu dinilainya  akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Yayasan Kepak Sejahtera juga melakukan penyuluhan kepada generasi muda, agar generasi muda yang berkrakter. Sehingga generasi muda siap dalam menyambut pembangunan yang ditetapkan oleh pemerintah,"ungkap Edward.

Selanjutnya, perwakilan PT Sidomuncul, Tiur Simamora mengatakan, bahwa kegiatan bakti sosial ini sudah dilaksanakan di berbagai daerah, di seluruh wilayah Indonesia. Dan kali ini, yang terpilih adalah Kabupaten Humbahas dan Taput, katanya.

Tiur berharap  agar seluruh pasien akan  menerima dampak positif dari kegiatan CSR Sidomuncul tersebut. Sehingga ke depannya, pasien yang akan dioperasi akan lebih banyak.

Salah satu pasien, Grasia Manullang (12) yang  didampingi ibunya, M Br Sihite, mengaku sangat bersyukur dengan kegiatan itu. "Ini adalah rejeki bagi keluarga, terutama anak saya. Terima kasih kepada pemerintah maupun kepada Yayasan Kepak Sejahtera dan PT Sidomuncul,"ujar warga Desa Matiti Doloksanggul tersebut.