HETANEWS

Rekor, Sepatu Lawas Ini Terjual Rp6 Miliar

Sepatu Nike Moon Shoe terjual Rp6 miliar dalam lelang di New York. (Foto: AP)

New York, hetanews.com-Sepasang sepatu atau sneaker buatan tahun 1972 mencatat rekor sebagai yang termahal di ajang lelang online.

Sepatu Nike bernama 'Moon Shoe' itu berpindah tangan dengan harga 437.500 dolar AS atau sekitar Rp6 miliar dalam lelang oleh Sotheby's di New York, Amerika Serikat, Selasa (23/7/2019).

Angka tersebut mengalahkan rekor sepatu termahal di ajang lelang sebelumnya yakni 190.373 dolar AS atau sekitar Rp2,6 miliar (kurs saat ini) pada 2017. Sepatu Converse itu sudah dibubuhkan tanda tangan dan pernah digunakan bintang NBA Michael Jordan pada olimpiade 1984.

Sepatu Nike jatuh ke tangan kolektor asal Kanada Miles Nadal. Pria itu dikenal sebagai pemburu sepatu-sepatu langka di dunia. Moon Shoe merupakan salah satu dari 99 sepatu yang dia beli di ajang lelang sejak pekan lalu.

Pria berusia 61 tahun tahun itu menghabiskan 850.000 dolar AS untuk membeli 99 pasang sepatu langka itu.

"Saya sangat senang mendapatkan Nike 'Moon Shoe' yang ikonik ini, salah satu sepatu paling langka yang pernah diproduksi, dan artefak sejati dalam sejarah olahraga dan budaya pop," kata Nadal, Rabu (24/7/2019).

Salah satu pendiri Nike, Bill Bowerman, merancang sepatu dengan alas datar itu untuk atlet lari saat uji coba Olimpiade 1972.

Sotheby menyatakan, Nike hanya membuat sekitar 12 pasang Moon Shoe. Produk yang terjual ini merupakan salah satu dari segelintir yang masih tersisa.

"Kami sangat senang Nike Moon Shoe yang ikonik mencapai lebih dari dua kali lipat dari rekor pelelangan dunia sebelumnya untuk sneaker," kata kepala e-commerce global Sotheby, Noah Wunsch.

Sotheby's menggelar lelang ini bekerja sama dengan Stadium Goods dengan menjual 100 sepatu paling langka di dunia.

sumber: inews.id

Editor: sella.