HETANEWS

Heboh Issu Begu Ganjang di Simalungun, Begini Kronologinya

Isau begu ganjang di Panei Tongah, Simalungun. (Foto/ist)

Simalungun, hetanews.com - Rumor adanya seorang warga berinisial MM (60) yang dituding memelihara Begu Ganjang di Huta Pangkalan Buntu Atas, Nagori Simpang Raya, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun ini pun merebak luas ke masyarakat dan nyaris menjadi malapetaka, Selasa (23/7/2019).

Tudingan memelihara begu ganjang tersebut muncul dari, keponakannya sendiri yakni IM (25) yang mengaku mengalami kesurupan arwah oppungnya.

Sebelum disadarkan, pihak keluarga IM sempat memanggil seorang paranormal di Huta Simodong, Nagori Tiga Bolon, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun.

Kapolsek Panei Tongah, Iptu Juni yang dikonfirmasi hetanews menyampaikan, pasca IM sadar dan sekira pukul 15.45 WIB, bersama keluarganya mendatangi rumah MM.

"Tak berapa lama Isnawati dan keluarganya pulang kerumahnya. Namun dari pihak masyarakat sekitar masih belum puas, keluarga Isnawati dan masyarakat meminta setiap ruangan di rumahnya diperiksa lantaran diduga ada menyimpan benda-benda gaib yang berbau begu ganjang," ujar Iptu Juni saat hubungi.

Lanjut Iptu Juni, setelah pihaknya mendapat laporan bahwa sekelompok masyarakat akan melakukan pemeriksaan di rumah MM, yang dituding memelihara begu ganjang langsung melalukan mediasi terhadap warga.

Saat berlangsungnya mediasi, dikatakan Iptu Juni. Kasat Intel Polres Simalungun AKP Giring Damanik hadir dan menyampaikan, agar masyarakat tidak terpancing dengan adanya issu begu ganjang.

"Kita himbau kepada masyarakat dan Isnawati untuk tidak percaya dengan adanya issu begu ganjang dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Setelah kita mediasi, masyarakat kembali ke rumah masing-masing. Sejauh ini situasi dalam keadaan aman dan kondusif," pungkasnya.

Penulis: hza. Editor: bt.
Komentar 1