HETANEWS

Karyawan Pabrik Batu Bata Tewas Tertimbun Tanah Longsor di Samosir

Korban Andi Simbolon yang tewas tertimbun tanah. (foto/stm)

Samosir, hetanews.com-Kecelakaan kerja yang mengakibatkan korban tewas, terjadi di wilayah Hukum Polres Samosir.

Didiga karena tidak hati -hati dan tanpa peralatan K3, Andi Simbolon (19), tewas ketika menggali  tanah untuk bahan baku batu bata, pada Selasa (23/7/2019) siang, pukul 12.00 WIB, di Sijurjur Desa Pasaran Parsaoran, Kecamatan Nainggolan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Kejadian itu dibenarkan Kapolres Samosir, melalui Kasat Reskrim, AKP. Jonser Banjarnahor, ketika dikonfirmasi Wartawan,  Selasa (23/7/209).

Menurut Jonser Banjarnahor, kejadian bermula ketika korban dan kawan-kawannya sedang bekerja menyekop tanah yang mau dimasukkan kedalam beko sorong dan dibantu kawan korban Johanes Simbolon dengan menggunakan sekop.

Sedangkan kawannya yang lain, Yusuf Sinaga dan Irfan Panjaitan, sedang mencangkuli tanah dan berada disamping Johanes Simbolon yang turut jadi korban.

Pada saat bekerja itu, tiba-tiba tanah yang telah dikorek sebelumnya dengan ketinggian sekitar 3,5 meter runtuh dan langsung menimpa korban Andi Simbolon dan juga Johanes Simbolon. Sehingga tubuh  Johanes Simbolon tertimbun tanah dengan posisi terduduk.

Sedangkan setengah tubuh dari Andi Simbolon juga tertimbun tanah.

Tanah yang terus longsor dan runtuh menyorong tubuh Andi Simbolon, sehingga jatuh terlentang dan menutupi tubuh korban.

Andi Simbolon langsung tidak sadarkan diri.

Polisi bersama warga melakukan olah TKP. (foto/stm)

Melihat itu, kawan korban, Yusuf Sinaga, langsung teriak minta tolong dan tidak berapa lama, istri Johanes Simbolon, langsung mendatangi TKP dan melihat kejadian tersebut.

Istri Johanes langsung berlari meminta tolong kepada seorang saksi, bernama Parimbun Situmorang.

Kedua korban, akhirnya berhasil ditarik dari dalam timbunan tanah dan dilarikan ke Puskesmas Sirait. Namun setelah di Puskesmas, korban  Andi Simbolon, meninggal dunia.

Sedangkan korban Johanes Simbolon, langsung dirujuk ke RSUD dr Hadrianus Sinaga Pangururan.

Ketika dijumpai petugas, keluarga korban Andi Simbolon, yang beralamat di Desa Simbolon Purba, Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir, menyatakan penolakan untuk dilakukan autopsi atas jenazah korban dan bersedia menandatangani surat pernyataan tolak autopsi.

Sedangkan korban luka, Johanes Simbolon, Lk, (30) yang merupakan penduduk Desa Simbolon Purba Kecamatan Palipi mengalami kondisi luka berat patah kaki dan masih dirawat di RSUD dr.Hadrianus Sinaga Pangururan.

Polisi pun akhirnya mengamankan barang bukti yang ditemukan, berupa 3 (tiga) buah sekop, 2 (dua) buah cangkul dan 1 (satu) buah ember plastik

Atas kejadian ini, Polres Samosir langsung melakukan cek dan olah TKP serta membuat garis polisi dan melakukan pengecekan terhadap korban yang meninggal dunia serta yang masih dirawat.

Penulis: stm. Editor: gun.