HETANEWS

Anggaran Pilkada Siantar di Tampung dalam P APBD dan R APBD

Penghitungan suara pada Pilkada Serentak 2019 di salah satu TPS di Kota Pematangsiantar, 17 April 2019.

Siantar, hetanews.com - Pemko dan DPRD Kota Pematangsiantar pastikan persiapan Pilkada Serentak tahun 2020 dengan menampung anggaran penyelenggaraan Pilkada Pematangsiantar, Selasa (23/7/2019).

"Surat sudah ada, yang pasti pasti kita bahas di pembahasan selanjutnya baik di P APBD atau R APBD nantinya," kata Sekda Budi Utari, Sabtu kemarin.

Pemko Pematangsiantar dan DPRD Pematangsiantar akan menampung anggaran yang diusulkan KPU Pematasiantar untuk Pilkada serentak senilai Rp.21 Milyar.

"Belum, itu masih usulan. KPU Siantar kan mengusulkan anggaran senilai Rp.21 Milyar. Tapi itu kan kita verifikasi lagi," ujarnya ditemui diruang Harungguon Bolon.

Dijelaskannya, anggaran Pilkada itu tergantung kebutuhan anggaran yang dibutuhkan oleh KPU Pematangsiantar, sesuai dengan tahapan Pilkada 2020.

"Tergantung kebutuhan KPU. Kan mereka kan, ada tahapan, kalau di tahapan September belum memerlukan anggaran, iya mungkin di APBD induk saja ditampung," pungkasnya.

Wakil Ketua DPRD Pematangsiantar, Mangatas Silalahi, yang dimintai pendapatnya mengenai anggaran senilai Rp.21 Milyar yang diusulkan KPU untuk Pilkada Pematangsiantar 2020, mengatakan itu sah-sah saja.

"Karna September ini sudah mulai tahapan, kita harus tampung di P APBD. Nah kemarin di KUA PPAS ada Rp. 2,6 Milyar kita tampung. Itu relatif ya bisa berubah, bisa naik bisa kurang. Di pembahasan P APBD kita akan undang KPU dan Kesbang Pol Limnas," jelasnya.

Dengan jumlah anggaran yang diusulkan oleh KPU Pematangsiantar itu, menurut dia, itu akan ditampung di P APBD dan R APBD. 

"Itu pasti dua kali anggaran. Di P APBD kita masukkan dulu, karena September sudah mulai tahapan. Baru kita sambung lagi di R APBD. Cuma nilai Rp.21 Milyar itu kita harus kordinasi lagi," ucapnya.

Penulis: gee. Editor: edo.