HETANEWS

Investasi Tak Cair, Nasabah Northcliff Desak Dana Segera Dikembalikan

Sejumlah nasabah mendesak PT Northcliff Indonesia segera mengembalikan dana investasi mereka yang ditempatkan di perusahaan tersebut.

Jakarta, hetanews.com - Sejumlah nasabah mendesak PT Northcliff Indonesia segera mengembalikan dana investasi mereka yang ditempatkan di perusahaan tersebut. Pasalnya, hingga jatuh tempo dana investasi tak dikembalikan sepenuhnya oleh perusahaan.

"Perjanjian dana investasi jatuh tempo pada tanggal 9 Mei 2019. Dan setelah didesak, saudara Erry Sulistio (Dirut Nothcliff Indonesia) membuat pernyataan akan mengembalikan paling lambat pada tanggal 16 Mei 2019 tapi sampai saat ini belum dikembalikan seluruhnya," kata Johannes Theodor Go, salah seorang nasabah Northcliff Indonesia dalam keterangan pers, Senin (22/7/2019).

Johannes mengaku, pada 9 November 2018 silam telah menanamkan uang senilai 400.000 dolar Amerika Serikat (AS) (sekitar Rp5,6 miliar) pada produk investasi yang ditawarkan tenaga pemasar Northcliff Indonesia. Oleh pihak perusahaan, Johannes dijanjikan menerima imbal hasil sebesar 6,5 persen dalam jangka waktu enam bulan.

Namun, hingga jatuh tempo pembayaran atas penempatan dana yang bersangkutan pada tanggal 9 Mei 2019 menurutnya tidak ada pengembalian. Menurut dia, Erry lantas membuat surat pernyataan untuk membayarkan dana investasi tersebut pada 16 Mei 2019 berikut bunga berjalan atas keterlambatan pembayaran tersebut. Namun, kata Johannes, setelah didesak Erry hanya mengembalikan dana sebesar 100.000 dolar AS dan sisanya 300.000 dolar AS belum dibayarkan hingga saat ini.

Nasabah lainnya, Linda, juga mengaku kecewa karena dana investasinya yang sudah jatuh tempo belum seluruhnya dikembalikan oleh Northcliff. Linda mengaku telah menanamkan uang senilai Rp5 miliar namun hingga saat ini masih ada Rp1,9 miliar dana investasinya yang belum dikembalikan oleh Northcliff Indonesia.

Menurut Johannes, saat mendatangi kantor PT Northcliff Indonesia, dirinya mendapat penjelasan dari salah satu manajemen bahwa Northcliff belum siap membayarkan dana yang diminta dengan alasan cashflow perusahaan yang tidak memungkinkan saat ini.

Atas kasus investasi bermasalah itu, para nasabah berencana akan melaporkan manajemen Northcliff Indonesia ke Satgas Waspada Investasi yang terdiri dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kejaksaan, Kepolisian RI, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan kementerian terkait serta melaporkan dugaan tindakan pidana ke Bareskrim Mabes Polri.

sumber: inews.id

Editor: sella.
Komentar 1
  • Clarissa Elysia
    Boleh bantu dinaikkan lagi berita ini?
    Karena sampai sekarang ini, Northcliff masih belum mengembalikan dana dari sejumlah banyak nasabah di Bogor dan Sorong.
    (Mungkin masih banyak kota lain yang belum saya ketahui)