HETANEWS

Puncak HBA ke 59, Kejari Siantar Musnahkan Barang Bukti Narkoba dan Uang Palsu

Pemusnahan ganja dan uang palsu, di Halaman Kejari Siantar, Senin (22/7/2019). (foto/ms)

Siantar, hetanews.com - Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) yang ke 59, pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Siantar, menggelar pemusnahan barang bukti narkoba dan uang palsu, sekitar pukul 11.00 WIB,  di Halaman Kejari Siantar, Jalan Sutomo, Kecamatan Siantar Barat, Senin (22/7/2019).

Sesuai dengan UU No. 35 Tahun 2009, tentang Narkotika, dari 176 perkara, jumlah barang bukti yang dimusnahkan yakni, ganja seberat 2716,87 gram, sabu 124,07 gram, dan extasi 39,1 gram (99 butir). Sementara UU No. 7 tahun 2011 tentang mata uang, dari 2 perkara dimusnahkan uang palsu sebanyak Rp.4.810.000.

Pantauan hetanews.com, pemusnahan sabu dan extasi dengan cara diblender. Sedangkan ganja dan uang palsu dimusnahkan dengan cara dibakar.

Kajari Siantar memblender sabu dan ekstasi. (foto/ms)

Pemusnahan barang bukti ini, mulai periode Maret 2018 sampai dengan Juli 2019. Perkara sudah inkrah, baru dilaksanakan pemusnahan. Adapun tujuannya, yakni untuk mengurangi penumpukan barang bukti yang kita terima, ucap Ferziansyah kepada awak media.

Siantar termasuk wilayah yang rawan Narkoba, meskipun sudah dihukum seberat - beratnya, tiap tahun perkara Narkoba ini selalu menanjak, ujarnya.

Pemusnahan barang bukti tersebut, dipimpin Kajari Siantar, Ferziansyah Sesunan SH MH, dan disaksikan Wali Kota Siantar, Kapolres Siantar, Ketua Pengadilan Negeri Siantar, Kepala Rutan Siantar, Kepala BNNK Siantar, dan Pimpinan OPD Siantar.

Penulis: ms. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.