HETANEWS

Emoh Tes Narkoba, Calon Pengantin Tak Dapat Buku Nikah

Ilustrasi buku nikah. (int)

Jatim, hetanews.com - Kanwil Kemenag Jatim dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi melakukan kerja sama memberantas narkoba. Salah satunya mewajibkan calon pengantin yang akan menikah untuk tes narkoba.

Kebijakan mulai disosialisasikan sejak Agustus 2019 ini menuai tanggapan beragam dari masyarakat. Lalu, bagaimana jika calon pengantin menolak untuk tes narkoba?

Plt Kepala Kanwil Kemenag Jatim Amin Machfud mengatakan pihaknya akan menahan buku nikah calon pengantin yang enggan melakukan tes narkoba.

"Nanti surat nikahnya saya tahan dulu, tapi nanti kalau sudah periksa, surat nikahnya saya kasihkan. Kan gitu aja nanti," imbuhnya.
"Iya (akan kita tahan), kita sosialisasikan dulu," kata Amin saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (22/7/2019).

Tak hanya itu, Amin memaparkan kendati surat nikahnya akan ditahan, namun masyarakat tetap bisa melangsungkan pernikahan seperti biasanya. Meski begitu, Amin meminta calon mempelai untuk tidak usah takut atau ragu melakukan tes narkoba. 

"Jadi kita sosialisasikan dulu masyarakat tidak usah takut, ini tidak akan menghalangi mereka yang mau melangsungkan pernikahan, tetap dilangsungkan," ucap Amin.

Amin menegaskan jika upaya ini merupakan langkah terbaik yang dilakukan pihaknya untuk mencegah penggunaan narkoba di kalangan anak muda. Terlebih data pengguna narkoba di Jatim cukup tinggi.

"Kita berangkat dari keprihatinan, kita prihatin anak-anak kita remaja terpapar dengan narkoba. Sekarang ini sudah menyasar anak-anak sekolah kan. Ini seluruh elemen masyarakat harus terlibat membendung anak-anak kita agar tak terpapar narkoba," tandas Amin. 

sumber: detik.com

Editor: sella.