HETANEWS

Renovasi Selesai Maret 2020, Masjid Istiqlal Bisa Digunakan saat Lebaran

Renovasi Selesai Maret 2020, Masjid Istiqlal Bisa Digunakan saat Lebaran

Jakarta, hetanews.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan renovasi Masjid Istiqlal rampung Maret 2020. Dengan demikian, salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara bisa digunakan saat Lebaran tahun depan.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengungkapkan, renovasi Masjid Istiqlal merupakan tindak lanjut atas perintah langsung Presiden Joko Widodo setelah menerima kunjungan Perdana Menteri India, Narendra Modi pada 30 Mei 2018.

"Sejak diperintahkan Bapak Presiden Jokowi, kita mulai renovasi besar-besaran pada bulan Mei 2019. Tidak hanya bagian dalam masjid tapi juga lanskapnya kita ubah agar lebih baik sehingga Masjid Istiqlal tidak hanya menjadi kebanggaan umat Islam di Indonesia namun juga kebanggaan bangsa Indonesia,” ujar Basuki saat meninjau proses renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta, dikutip Senin (22/7/2019).

Menteri Basuki meninjau sejumlah area yaitu lokasi pembangunan tempat parkir berupa bangunan dua lantai berkapasitas 2.000 kendaraan roda empat, kemudian menuju selasar tengah, bangunan dalam masjid, ruang perkantoran, toilet, dan area kolam.

Di selasar tengah, dia mendapat penjelasan soal pembersihan seluruh lantai masjid yang saat ini warnanya kusam. Dengan begitu, nantinya warnya akan mengkilap. Begitu juga porsi ruang terbuka hijau (RTH) yang porsinya akan ditambah dari 29 persen menjadi 35 persen.

Menteri Basuki meminta agar renovasi ini menghasilkan perubahan besar karena total biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah mencapai Rp465 miliar.

Selain itu, dia juga meminta kepada kontraktor, PT Waskita Karya (Persero) Tbk agar tidak hanya memaksimalkan fungsi, tapi juga memperhatikan arsitektur, seni, dan estetika, di samping tetap mempertahankan kaidah-kaidah cagar budaya bangunan masjid.

"Di dalam masjid ini tidak boleh ada kipas angin, lampu, speaker yang menempel. Semua harus diperbaiki agar terdesain lebih baik," tutur dia.

Saat ini, proses renovasi Masjid Istiqlal sudah mencapai 4 persen dengan total pekerja sekitar 200 orang. Ke depan, jumlah pekerja akan ditambah menjadi 400 orang, sehingga pekerjaan bisa lebih cepat selesai.

sumber: inews.id

Editor: sella.