HETANEWS

Dewan Syuro Tegaskan Saat Muktamar PKB Pertahankan Cak Imin Jadi Ketum

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Jakarta, hetanews.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak mau ikut-ikutan dinamika parpol lain terkait pergantian ketua umum. Dewan Syuro DPP PKB, Maman Imanul Haq, memastikan bahwa Ketua Umum PKB saat ini Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tak akan diganti dari jabatannya.

"Jadi pada muktamar nanti Agustus di Bali. Kita tidak rebutan soal pimpinan, kita sudah punya pimpinan," kata Maman dalam sebuah diskusi bertajuk 'Ngebut Munas Parpol Jelang Kabinet Baru' di D'Consulate, Jl KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (20/7).

"Kita akan memilih Cak Imin kembali di muktamar 2019," sambungnya.

Menurutnya, banyak anak-anak muda masuk ke PKB lantaran terinspirasi oleh figur Cak Imin. Suara PKB pun, kata dia, meningkat dibanding Pemilu 2014.

"Kedua, dari akrobatik politik Cak Imin yang lumayan. Misalnya, berani jadi cawapres dan pada akhirnya Pak Jokowi memilih pak Maruf kita keliling ke mana-mana untuk mengkampanyekan Jokowi-Ma'ruf," kata dia.

"Dan politik itu memang harus ngotot kekuasaan dan kekuasaan itu digunakan untuk kemaslahatan," tambahnya.

Menurut Maman, yang dibutuhkan partainya adalah kompak memperkuat progam, dan bukan justru pusing membuat gimmick rebutan posisi ketua umum.

"Saya rasa hari ini kita tidak perlu bikin sesuatu yang dibuat-buat. Menurut saya partai harus berpikir bukan sosok atau figur yang bisa betul-betul memperkuat tapi kami memperkuat di program yang dimiliki PKB," ungkapnya.

Meski begitu, dia mengaku bahwa Cak Imin adalah sosok demokratis jika ada pergantian kepemimpinan di PKB. "Kalau kuat iya (Cak Imin). Kalau dominan menurut saya Cak Imin demokratis," tandasnya. 

sumber: merdeka.com

Editor: sella.