HETANEWS

12.359 Personel Gabungan Amankan Laga Persija Vs PSM Makassar di GBK

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono. (foto/Irfan Ma'ruf).

Jakarta, hetanews.com-Polda Metro Jaya mengerahkan ribuan personel untuk mengamankan laga Persija Jakarta versus PSM Makassar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (21/7/2019) besok. Pasukan pengamanan akan terbagi dalam empat lapis.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pasukan pengamanan berasal dari unsur gabungan yakni Polri, TNI, dan dari Pemprov DKI Jakarta. Mereka akan bersiaga untuk mengamankan pertandingan final Kratingdaeng Piala Indonesia tersebut.

"Polda Metro Jaya menyiapkan 12.359 personel gabungan TNI-Polri dan dibantu Pemda, termasuk dinas perhubungan, dinas kesehatan," kata Argo, Sabtu (20/7/ 2019).

Dia menjelaskan, pengamanan terbagi dalam empat lapis atau ring. Ring I dalam stadion, Ring II di lingkungan stadion, Ring III di sekitar GBK dan Ring IV di jalan pintu masuk GBK.

"Kita juga sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Nanti kita lihat apakah diperlukan," ucap Argo.

Argo memprediksi akan ada puluhan ribu penonton yang hadir di SUGBK. Saat ini, 62.000 tiket laga puncak itu sudah terjual. Polisi juga akan memberlakukan pengawalan untuk tamu VIP yang hadir.

Tidak hanya itu, Jakmania dan supertor PSM Makassar akan dikawal dari berangkat hingga kembali lagi ke daerah masing-masing.

"Pengawalan ini dilakukan melalui koordinasi dengan masing-masing koordinator lapangan (korlap), baik itu untuk pemain PSM, penonton PSM, pemain Persija dan Jakmania," ungkap Argo.

Ia juga menghimbau para suporter untuk menjaga stadion tersebut dari segala perusakan. Polisi meminta suporter tidak membawa barang-barang yang dilarang serta tidak melakukan perusakan.

Laga Persija Jakarta Vs PSM Makassar merupakan pertandingan pamungkas kompetisi Kratingdaeng Piala Indonesia yang berlangsung sekitar 14 bulan. Piala Indonesia kembali digelar setelah beberapa tahun absen.

sumber: inews.id

Editor: sella.