HETANEWS

HongMeng OS Tak Ditujukan untuk Pengganti Android

HongMeng OS tak ditujukan untuk pengganti Android (Foto: GizmoChina)

AS, hetanews.com - Sistem operasi Huawei, HongMeng OS dipercaya akan menjadi penantang Android. Kehadiran HongMeng OS dikonfirmasi oleh Huawei saat pemerintah Amerika Serikat (AS) mengeluarkan larangan pihaknya tak boleh menggunakan produk dari perusahaan Negeri Paman Sam.

HongMeng OS dikembangkan berdasarkan open-source Android dan sekarang masuk dalam tahap tes. Sistem operasi Huawei ditemukan lebih cepat dibandingkan Android.

Kendati demikian, menurut Senior Vice President Catherine Chen HongMeng OS tidak dirancang untuk smartphone. Raksasa teknologi asal China ini bahkan berencana terus menggunakan sistem operasi Google pada smartphone-nya.

Dia menambahkan, sistem operasi HongMeng baru memiliki trademark untuk keperluan industri. Sistem telah dikembangkan jauh sebelum diskusi saat ini untuk menemukan alternatif Android.

Chen menuturkan, HongMeng sangat aman karena garis kode lebih sedikit dibandingkan OS mobile. HongMeng juga memiliki latensi yang sangat rendah dibanding sistem operasi smartphone.

Sebelumnya, founder dan CEO Huawei mengatakan HongMeng OS akan digunakan di berbagai produk, seperti router, network switches, tablets, komputer, dan data center.

Keputusan Huawei untuk tidak menggunakan HongMeng OS ke smartphone tampaknya terjadi setelah Amerika Serikat memutuskan perusahaan di Negeri Paman Sam ini dapat melanjutkan bisnis dengannya. Artinya, Huawei sekarang dapat memperoleh akses Android milik Google.

sumber: inews.id

Editor: sella.