HETANEWS

Prediksi Senegal Vs Aljazair: Menanti Sejarah di Kairo

Pemain timnas Senegal. (foto/Khaled Desaoki/AFP)

Kairo, hetanews.com - Sejarah baru bakal tercipta di Kairo saat tim nasional Senegal berhadapan dengan Aljazair pada partai final Piala Afrika 2019 di Kairo International Stadium, Mesir, Sabtu (19/7/2019) dini hari WIB. Gelar juara bakal menjadi pencapaian tersendiri untuk kedua tim.

Bagi Senegal, ini merupakan kali kedua mereka berksempatan untuk mengangkat piala pada hajatan sepak bola terbesar di Afrika itu. Sebelumnya, prestasi terbaik tim berjuluk The Lions of Teranga itu ketika menjadi runner-up edisi 2002 usai kalah 2-3 dari Kamerun lewat adu penalti, setelah kedua tim bermain 0-0 hingga waktu normal usai.

Motivasi tersebut yang tentu bakal membuat bintang Senegal Sadio Mane bermain mati-matian di laga nanti. Sejauh ini, pemain Liverpool itu sudah mencetak tiga gol dan menjadi yang terbanyak kedua bersamaan dengan duo Aljazair Riyad Mahrez dan Adam Ounas, serta pemain Kongo Cedric Bakambu.

Mereka masih kalah dua gol dari top skor sementara, yaitu striker senior Nigeria Odion Ighalo. Selain itu, bagi Mane titel ini juga bakal jadi piala kedua yang bisa dia rasakan musim ini setelah juara Liga Champions bersama The Reds. Jika terjadi, rasanya pantas untuk menobatkannya sebagai salah satu kandidat peraih Ballon d’Or 2019.

Pelatih Senegal Aliou Cisse berharap bisa mengukir sejarah di Kairo dan membawa pulang mahkota jura ke Dakar. Baginya, momen ini sekaligus ajang penebusan dosa mengingat dia pernah gagal membawa negaranya kampiun periode 2002 ketika masih berstatus pemain.

Cisse merupakan salah satu penggawa Senegal yang yang gagal mengeksekusi penalti bersama Moustapha Faye dan El Hadji Diouf, saat menghadapi Kamerun yang kemudian keluar menjadi juara.

“Sudah 17 tahun lalu berlalu ketika negara kami berada di Final Piala Afrika. Saat itu, para pemain saya yang sekarang tentu masih bocah. Sejak saat itu, kami sudah banyak mendapat penderitaan dan pengalaman,” kata Cisse dilansir laman resmi Piala Afrika.

“Tapi di generasi kali ini, kami ingin meraih sesuatu yang lebih besar. Melawan Aljazair bukan hal yang mudah. Tapi, kami bertekad membuat warga negara Senegal senang,” ujar mantan gelandang bertahan Paris Saint-Germain itu.

Sayang, pada laga nanti Senegal tak bisa diperkuat bek andalan Kalidou Koulibaly. Defender Napoli itu terpaksa harus menonton dari tribune akibat akumulasi kartu yang didapatnya. Guna menggantikan perannya, Cisse kemungkinan akan memainkan Chiekjou Kouyate.

Berlaih ke kubu sang lawan, Aljazair sudah merasakan satu kali mencium trofi Piala Afrika yakni edisi 1990 ketika hajatan tersebut digelar di rumah sendiri. Pada laga puncak, tim yang dijuluki El Khadra itu menang tipis 1-0 atas Nigeria.

Mahrez dkk tentu ingin kembali mengulangi kesuksesan setelah menunggu 29 tahun. Mereka juga diselimuti percaya diri karena sebelumnya sudah bertemu dengan Senegal pada fase Grup C dan menang tipis 1-0.  Meski begitu, Pelatih Aljazair Djamel Belmadi pantang jemawa.

“Hasil di babak grup kemarin sudah tak berlaku. Sekarang kedua tim berada dalam kondisi psikologis yang berbeda. Senegal tim kuat dan tahun lalu mereka bermain di Piala Dunia. Jadi, bisa saja kami kalah dari mereka pada laga nanti,” tutur Belmadi.

PERKIRAAN PEMAIN

SENEGAL (4-2-3-1)
Gomis; Gassama, Kouyate, Sane, Sabaly; Ndiaye, Saivet; Sarr, Guete, Mane; Niang
Pelatih: Aliou Cisse

ALJAZAIR (4-1-4-1)
M’bolhi; Zeffane, Mandi, Benlamri, Bensebaini; Guedioura; Mahrez, Feghouli, Bennacer, Belaili; Bounedjah
Pelatih: Djamel Belmadi

LIMA PERTEMUAN TERAKHIR

28/06/2019

Piala Afrika

Senegal vs Aljazair

0-1

24/01/2017

Piala Afrika

Senegal vs Aljazair

2-2

14/10/2015

Uji Coba

Aljazair vs Senegal

1-0

28/01/2015

Piala Afrika

Senegal vs Aljazair

0-2

06/09/2008

Kualifikasi Piala Dunia

Aljazair vs Senegal

3-2

Prediksi: 55-45

sumber: inews.id

Editor: sella.