HETANEWS

Dinsos Asahan Adakan Sosialisasi Verivali Data Terpadu Fakir Miskin 2019

Suasana sosialisasi Verivali data terpadu fakir miskin di aula kantor Dinsos Asahan, Jalan Tusam Kisaran, Rabu (17/7/2019).

Asahan, hetanews.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Asahan melaksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis, terkait verifikasi dan validasi (Verivali) data terpadu fakir miskin tahun 2019, di kantor setempat, Jalan Tusam Kisaran, Rabu (17/7/2019).

Verivali ini dilakukan untuk memberikan bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat yang membutuhkan, di 25 kecamatan dan diharapkan penyaluran nantinya tepat sasaran.

Adapun bansos tersebut meliputi, KIP, JKN KIS dan lainnya.

Kepala Dinsos Kabupaten Asahan, M. Rais melalui Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin (Linjamsos dan PFM), Muksin mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan Verivali ini telah diatur jadwal penyalurannya di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan.

Kemudian, nantinya akan mengundang Kepala Desa dan Lurah untuk menunjuk langsung petugas Verivali yang akan melaksanakan tugas sebagai pendata di lingkungannya masing-masing.

"Setiap desa dan kelurahan melakukan penunjukkan 7 petugas Verivali yang akan turun langsung mendata ke masyarakat,"ungkapnya.

Muksin juga menjelaskan, bahwa dalam kegiatan ini ada 2 kecamatan yang telah menyelesaikan bimbingan teknis, diantaranya, Kecamatan Bandar Pulau dan Bandar Pasir Mandoge.

Dimana kegiatan tersebut meliputi rakor, bimtek, musyawarah desa/kelurahan, kunjungan ke rumah sasaran, entri data dan penyampaian data ke Kemensos RI.

"Tanggal 22 Juli 2019 diharapkan desa dan kelurahan yang sudah bimtek bisa langsung musyawarah desa/kelurahan, serta kunjungan ke rumah tangga sasaran. Diharapkan bulan Oktober ini sudah selesai,"ungkapnya.

Muksin juga menegaskan kepada para petugas Verivali, apabila ditemukan data yang tidak sesuai, maka dapat langsung berkoordinasi dengan pihak Dinsos Kabupaten Asahan, Camat dan Kepala Desa/Lurah.

"Laporkan kalau tak cocok pendataannya dari petugas Verivali, bisa langsung ke Dinsos, Camat dan Kepala Desa/Lurah,"pungkasnya.

Penulis: rendi. Editor: gun.