HETANEWS

Pencuri 7 TBS Minta Keringanan Hukuman Usai Dituntut 12 Bulan

Suhendra digiring petugas meninggalkan ruang sidang Tirta PN Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com-Jaksa Christianto Situmorang SH, menuntut pidana penjara selama 1 tahun penjara terhadap terdakwa Suhendra (29), di PN Simalungun, Kamis (18/7/2019).

Warga Nagori Maligas Bandar, Kecamatan Pematang Bandar ini, dipersalahkan jaksa melanggar pasal 107 huruf d UU RI No.39/2014 tentang perkebunan.          

Terdakwa terbukti melakukan pencurian 7 Tandan Buah Sawit (TBS) di afd.I Blok 97 BB PTPN Kebun Laras, di Nagori Gajing Jaya, Kecamatan Gunung Maligas, pada Senin, 1 April 2019, pukul 16.00 WIB. Sore itu, terdakwa bersama Poltak (DPO) dengan mengendarai sepeda motor sepakat mencuri sawit kebun.        

Keduanya membawa egrek dan berbagi tugas, terdakwa melangsir buah sawit yang sudah diegrek Poltak. Akibatnya, pihak kebun mengalami kerugian Rp.186.148.        

Suhendra memohon kepada majelis hakim yang diketuai  Roziyanti SH agar hukumannya diringankan. "Saya mohon yang mulia, agar dihukum seringan-ringannya, saya menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi lagi. Jika mengulangi, saya bersedia dihukum seberat-beratnya,"kata terdakwa.         

Untuk mempertimbangkannya dalam membuat putusan, persidangan dibantu panitera Jonni Sidabutar SH, ditunda sepekan.

Penulis: ay. Editor: gun.