HETANEWS

Dinas Pertanian Asahan Serahkan 8 Hand Tractor pada Kelompok Tani

Pihak Dinas Pertanian Asahan saat menyerahkan bantuan hand tractor kepada para Koptan yang dilaksanakan di Kantor BPP Kecamatan Rawang Panca Arga, Rabu (17/7/2019).

Asahan, hetanews.com-Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara, menyerahkan bantuan alat-alat pertanian kepada Kelompok Tani (Koptan) yang ada di Kabupaten Asahan. Bantuan ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Penyerahan alat pertanian sebanyak 8 unit hand tractor tersebut, diserahkan pihak Dinas Pertanian Kabupaten Asahan di Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Rawang Panca Arga,"ucap Kabid Sarana Prasarana dan Penyuluhan Distan Asahan, Bilter Sagala, di lokasi, Rabu (17/7/2019).

Bilter menjelaskan, bantuan diserahkan kepada 8 Koptan masing-masing 2 Koptan dari Kecamatan Rawang Panca Arga dan 6 Koptan dari Kecamatan Meranti. Bantuan ini bertujuan untuk menunjang pencapaian target produksi padi khususnya di Asahan.

Masih kata Bilter, kepada Koptan yang menerima bantuan diharapkan agar tetap menjaga, merawat dan menggunakan alat alat pertanian tersebut untuk kepentingan kelompok, bukan untuk kepentingan pribadi, apalagi untuk disewakan.

"Kepada Koptan yang menerima bantuan, kedepan diharapkan untuk bisa lebih mandiri dan tidak selalu bergantung dengan pemerintah. Kalau bisa tambah alat baru dengan cara mandiri,"tandas Bilter.

Sementara Ketua Koptan Sempurna, Desa Pondok Bunggur, Kecamatan Rawang Panca Arga, Aan Manihuruk, mengucapkan terima kasih kepada Pemprovsu dan Pemkab Asahan yang telah menyerahkan bantuan handtractor untuk membantu petani dalam bercocok tanam.

"Kami berjanji akan menjaga dan memelihara alat alat pertanian ini seperti menjaga dan memelihara milik sendiri. Kami juga akan maksimalkan pemanfaatannya untuk anggota yang membutuhkan demi meningkatkan kesejahteraan,"ucap Aan.

Penulis: rendi. Editor: gun.