HETANEWS

Tongam Pangaribuan: Kami akan Siapkan Saksi untuk Gugatan Ke MK

Tongam Pangaribuan

Siantar, hetanews.com - Pengurus DPD Partai NasDem Kota Pematansiantar, Tongam Pangaribuan memastikan akan menghadirkan saksi pada sidang gugatan NasDem ke MK perihal permohonan pembatalan Keputusan KPU nomor 987/PL.01.8-Kpt/06/KPU/2019 tentang hasil pemilu.

"Tanggal 23 Juli sidang kedua. Saya akan berangkat dengan saksi 3 orang. Dari nasdem atau,kalau jadi dari PBB (Partai Bulan Bintang). Kalau tidak dari PKS jadi saksinya. Dari NasDem ada saksi dari kecamatan dan saksi di KPU," kata Anggota DPRD Pematangsiantar ini, Rabu (17/7/2019).

Tongam memastikan, bahwa gugatan ini menyangkut marwah partai NasDem. Sehingga pihaknya berharap dikabulkannya gugatan tersebut.

"Kalau PSU (Pemungutan Suara Ulang) memang demikian. PSU itu merupakan permintaan kita, dari pimpinan juga seperti itu. Kita tunggulah sidang kedua ini," ujar Tongam kepada wartawan di pintu masuk kantor DPRD Pematangsiantar.

Penghitungan suara di TPS 15, Kelurahan Melayu, Kecamatan Siantar Utara, pada Pemilu serentak 2019 di Kota Pematangsiantar, Rabu 17 April 2019

Hasil Temuan NasDem di TPS 27, Terjadi Penambahan Suara Partai HANURA  

Masih kata Tongam Pangaribuan, gugatan Partai NasDem ke Mahkamah Konsitusi (MK) Perihal permohonan pembatalan Keputusan KPU tentang hasil pemilu, berdasarkan adanya temuan  penambahan suara di Partai Hanura. 

"Temuan dari pada Nasdem, di TPS 27 Kelurahan Melayu, ada kita merasa bahwa terjadi penambahan suara di Partai Hanura. Itu didapati dari C1 hologram Hanura kosong, sementara di C1 Plano Hanura 33, nah perbedaan itu yang kita ajukan ke MK" jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya ingin memperjelasan persoalan tersebut dengan melakukan gugatan. "Ini merupakan marwah partai. Karena hanya selisih 16 suara dengan NasDem. Dan itu kan harus kita perjelas. Itu yang penting," ungkapnya.

Pada sidang pertama di MK, Tongam Pangaribuan hadir mengikuti persidangan bersama dengan Goklif Manurung, yang juga saksi dari Partai NasDem. Pada sidang yang di MK, kata Tongam, pihaknya juga bertemu dengan pengurus DPD Partai HANURA.

Sebelumnya, surat pengajuan ke Bawaslu Kota Pematangsiantar juga disampaikan sebanyak dua kali. Namun, kata Pangaribuan, Bawaslu Pematangsiantar  bilang tunggu, setelah selesai penghitungan suara di KPU. 

Sementara itu, pengurus DPC Partai HANURA Kota Pematangsiantar, Ronal Tampubolon, dihubungi  terpisah mengatakan dalam gugatan persidangan kedua nanti, pengurus DPP Partai HANURA nanti akan memberikan klrafikasi.

"Pengurus DPP Hanura akan memberikan keterangan, dan bukti sudah kita siapkan. Kalau kita dari partai HANURA masih menunggu undangan sidang," kata Ronal Tampubolon.

Penulis: gee. Editor: edo.