HETANEWS

Hasil Indonesia Open 2019: Fajar/Rian Menang Atas Pasangan China

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian (kiri) dan Muhammad Rian Ardianto (kanan) mengembalikan kok ke arah lawannya pebulu tangkis ganda putra Cina Zhang Nan dan Liu Cheng, pada pertandingan final beregu putra Asian Games 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (22/8/2018)

China, hetanews.com - Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, melangkah ke babak kedua turnamen Indonesia Open 2019.

Tiket itu mereka raih setelah mengalahkan wakil China, Huang Kai Xiang/Liu Chen, pada babak pertama Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Rabu (17/7/2019).

Fajar/Rian, yang ditempatkan sebagai unggulan keenam, menang rubber game 18-21, 21-14, 21-16.

  • Jalannya pertandingan

Fajar/Rian mengawali pertandingan dengan sangat bagus karena sempat memimpin 6-2. Mereka terus berada di depan hingga memimpin 11-10 saat interval.

Namun setelah itu, performa peraih medali perak Asian Games 2019 ini agak menurun. Huang/Liu, yang merupakan pasangan baru, bisa menyusul dan justru balik memimpin dengan skor 15-12.

Meskipun Fajar/Rian bisa mengejar dan menyamakannya menjadi 15-15, tetapi pasangan China tersebut kembali menjauh dan mengakhiri gim pertama dengan kemenangan 21-18.

Tak ingin malu di hadapan publik sendiri karena pulang lebih awal, Fajar/Rian bermain lebih agresif pada gim kedua. Kerja keras mereka membuahkan hasil yang bagus karena pasangan ini terus berada di depan dalam perolehan poin. Setelah skor 1-1, Fajar/Rian meraih tiga angka beruntun untuk memimpin 4-1. Kemudian, mereka terus menjauh hingga unggul 8-4.

Huang/Liu sempat mendekat setelah mendapat empat angka dan mengubah skor menjadi 8-9. Fajar/Rian cepat merespons dan unggul 11-10 saat interval.

Setelah itu, Fajar/Rian berlari kencang. Mereka menjauh dengan keunggulan 14-11, kemudian 17-13 sebelum mengakhiri gim kedua dengan skor 21-14 sekaligus memaksa berlangsungnya gim ketiga.

Pada gim penentuan ini, Fajar/Rian tak mengendorkan serangan. Agresivitas mereka membuahkan hasil bagus karena Fajar/Rian tak pernah terkejar. Skor terdekat pada gim ini saat Fajar/Rian unggul 7-6.

Namun setelah itu, mereka kembali menjauh dan unggul 11-8 saat jeda. Kemudian, Fajar/Rian meraih tiga poin secara beruntun untuk memimpin 14-8 dan terus melejit hingga akhirnya menang 21-16 dan memastikan diri lolos ke babak kedua.

Selanjutnya, Fajar/Rian akan menunggu pemenang antara pasangan India, Attri Manu/Reddy B Sumeeth dan Liao Min Chun/Su Ching Heng (Taiwan), untuk memperebutkan tiket ke babak perempat final.

Sebelumnya, unggulan utama Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Ricky Karandasuwardi/Angga Pratama dan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso, sudah lebih dulu lolos. Indonesia masih berpeluang menambah satu wakil ganda putra.

Pasangan senior, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, baru akan bermain melawan Marcus Ellis/Chris Langridge (Inggris). 

sumber: tribunnews.com

Editor: sella.