HETANEWS.COM

Dua Pembobol Rumah Diancam Jaksa 6 & 5 Tahun

Herman berjalan diikuti Haposan saat keluar dari ruang sidang Tirta PN Simalungun, dikawal petugas. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Dua terdakwa, Haposan Parningotan Simatupang Togatorop (26) dan Herman Hutagalung (26), masing - masing dituntut 5 dan 6 tahun penjara. Herman dituntut lebih berat, karena merupakan residivis  (sudah pernah dihukum).          

Surat tuntutan jaksa, Christianto Situmorang SH, dibacakan dalam persidangan terbuka untuk umum, Selasa (16/7/2019), di Pengadilan Negeri (PN)  Simalungun.

Keduanya warga yang sama, di Huta V Simpang Pajak Negeri, Kecamatan Bandar, dipersalahkan melanggar pasal 363 (1) ke-2 KUH Pidana.           

Herman dan Haposan, terbukti melakukan pencurian di rumah korban, Satriana Batee, pada Rabu, 27 Maret 2019, lalu, pukul 04.00 WIB.

Keduanya berhasil membawa kabur 2 buah ponsel, uang dan barang berharga lainnya. Akibatnya, korban mengalami kerugian Rp.7 juta lebih.         

Dini hari itu, kedua terdakwa yang sudah niat mencari mangsa untuk disatroni rumahnya, melintas di depan rumah korban dengan membawa besi dan obeng.

Lalu merusak jendela, Haposan masuk dan Herman memantau situasi.

Hasil curian dijual kepada Sukiran (DPO). Dua ponsel Vivo, dijual seharga Rp.1,7 juta dan HP Samsung dijual Rp.600 ribu dengan bagian masing-masing Rp 1.150 ribu.

Tertangkapnya kedua terdakwa, karena masih menggunakan kartu yang ada di ponsel.

"Pelaku tidak mengganti nomor dan tetap menggunakan kartu milik saya pak hakim,"sebut korban yang bisa berkomunikasi dengan salah satu terdakwa.          

Keduanya minta agar majelis hakim meringankan hukumannya. Untuk pembacaan vonis, majelis hakim, Novarina Manurung SH, Hendrawan Nainggolan SH dan Aries Ginting SH, menunda persidangan hingga Selasa mendatang.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan