HETANEWS.COM

Alasan Inspektorat Tidak Melakukan Pemeriksaan Khusus Pasca OTT

Plt Inspektorat Kota Pematangsiantar, Eka Hendra.

Siantar, hetanews.com – Plt Kepala Inspektorat Pematangsiantar, Eka Hendra mengatakan pihaknya tidak melakukan pemeriksaan khusus pasca Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD).

Eka menjelaskan, Inspektorat punya ranah yang berbeda dengan  OTT oleh unit 4 subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Sumut. Dijelaskannya, Inspektorat melakukan pemeriksaan administrasi secara reguler untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menggunakan anggaran APBD.

Hal itu disampaikan Eka saat disinggung mengenai upaya yang dilakukan oleh Inspektorat dalam menelusuri aliran dana pungutan pemberian insentif pajak sebesar 15 persen dari pegawai BPKD (Badan Pengelola Keuangan Daerah).  

“Kalau OTT dan ranahnya inspektorat kan beda. Kalau ranah kita pemeriksaan administrasi. Misalnya OPD yang menggunakan APBD. Pemeriksaan administrasi dilakukan secara reguler,” kata Eka ditemui diruang kerjanya, Selasa (16/7/2019).

Baca juga: Pungutan Insentif Pegawai BPKD, Kennedy: Siapa yang Terlibat dilaporkan Saja

Ia menjelaskan, pacsa OTT ini, pihaknya tidak melakukan pemeriksaan khsusus untuk mencari tau siapa dalang, atau yang memerintahkan pungutan insentif pajak pegawai tersebut. Karena, kata Eka menjelaskan, itu bukan domain dari Inspektorat.

”Paling nanti ada rapat kordinasi lah, dengan mitra Pemko. Kira-kira begitu ajalah. Kalau ranahnya OTT dengan kita beda. OTT gak bisa dicampuri, karena itu ranah kepolisian. Kan gak mungkin lagi kita periksa, sementara polisi sudah melakukan penyelidikan,”sebutnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga tidak mengetahui adanya pemungutan insentif pegawai sebesar 15 persen tersebut. Kata Eka, Inspektorat juga tidak menerima laporan mengenai pemungutan intensif di BPKD itu.

“Kalau sekarang gak ada yang melaporkan hal seperti itu. Kalau memang ada pungli di OPD, para pegawai dapat melaporkan itu ke Inspektorat. Kalau sekarang belum ada laporan dari OPD-OPD tentang pungli,” ungkapnya.

Baca juga: Pemko Belum Lakukan Pemeriksaan Khusus Terhadap ASN Pasca OTT

Penulis: gee. Editor: edo.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!