HETANEWS

Viral Video Bunuh Diri, Korban Tarik Petugas Pelabuhan Terjun ke Laut

Rekaman video aksi bunuh diri penumpang KM Tidar yang viral di media sosial. (Foto: Istimewa).

Maluku, hetanews.com - Sebuah video beredar di media sosial diduga aksi bunuh diri seorang penumpang Kapal KM Tidar. Insiden ini terjadi dalam perjalanan dari Namlea, Kabupaten Buru menuju Kota Ambon, Maluku.

Video tersebut dibagikan seorang pengguna Facebook Naldo Temongmere. Aksi bunuh diri itu terjadi pada Senin (15/7/2019) di Laut Pulau Tiga. Ironisnya, seorang petugas yang hendak mencegah korban melompat ikut menjadi korban.

"Kejadian di Kapal KM. Tidar tadi siang (Senin) dari Namlea tujuan Ambon," tulis Naldo yang dikutip iNews.id, Selasa (16/7/2019).

Kronologinya, kata Naldo, KM Tidar bertolak dari Pelabuhan Namlea, Kabupaten Buru, menuju Kota Ambon pada pukul 12.00 WIT. Sekitar pukul 16.30 WIT, saat kapal berada di Laut Pulau Tiga, terdengar teriakan histeris penumpang.

Ternyata korban bunuh diri sudah berada di berada di belakang dek kapal dan hendak lompat ke laut. Penumpang lain pun ramai-ramai menyaksikan aksi nekat korban dan mencoba membujuknya agar tidak terjun dari kapal.

"Salah satunya seorang Anggota Navigasi Pelabuhan Namlea, Arham," ujar dia.

Saat Arham membujuk dan menasihati korban. Dia malah memegang tangan petugas tersebut, lalu menariknya sehingga Arham ikut terjun dari kapal bersama korban.

"Karena tubuh korban lebih besar, dan pegangan tangan Arham di besi kurang kuat, akhirnya keduanya jatuh bersama sama ke laut," katanya.

Penumpang yang melihat kejadian tersebut berteriak histeris. Mereka memberitahu ABK KM Tidar terkait kejadian tersebut. Lalu laporan disampaikan ke kapten kapal.

Kapal kemudian balik arah ke lokasi tempat jatuhnya kedua korban. Setelah dilakukan pencarian, korban bunuh diri ditemukan tewas mengapung. Sedangkan, petugas atas nama Arham masih belum terlihat tanda-tanda keberadaannya.

"Kapal sempat melanjutkan pencarian Arham selama dua jam. Namun karena tidak kunjung ditemukan, kapal melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Ambon," katanya.

Pihak KM Tidar sudah melaporkan kejadian tersebut ke pelabuhan dan SAR Ambon. Korban bunuh diri merupakan penumpang asal Kabupaten Baubau yang diduga mengalami depresi berat.

sumber: inews.id

Editor: sella.