HETANEWS

Pernikahan Anak di Musi Banyuasin Viral, Keduanya Putus Sekolah

Bocah di Musi Banyumasin menikah, terancam putus sekolah.

Sumsel, hetanews.com - Pernikahan anak di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel), viral di media sosial. Pasangan suami-istri yang baru berusia 14 tahun tersebut kini terancam putus sekolah.

Mempelai laki-laki, Regi (14) ini masih berstatus murid kelas 2 SMP. Sedangkan mempelai perempuan, Bunga (14), hanya mengenyam pendidikan hingga tamat sekolah SD saja. Keduanya melangsungkan pernikahan di Desa Ngulak, Kecamatan Sanga Desa, pada Kamis (11/7/2019) malam.

"Kalau yang perempuan hanya tamat SD. Kalau laki-lakinya kelas 2 SMP. Tapi sudah menikah, jadi tidak sekolah lagi," kata paman Regi, Fajri, kepada Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel, Senin (15/7/2019).

Menurutnya, pasangan suami istri ini sudah sah menikah secara agama dan memutuskan untuk menjalankan bahtera rumah tangga. Setelah ijab kabul kemarin, mereka langsung tinggal satu rumah berdua.

Saat hendak ditemui di kediamannya, pasangan pengantin baru tersebut dikabarkan tidak ada di rumah. Sebab, mereka sedang mencari ikan dan berprofesi sebagai nelayan untuk mencukupi kebutuhan hidup.

"Mereka menikah tidak ada paksaan. Memang orang tua keduanya yang menikahkan dan disaksikan oleh keluarga," kata warga sekitar, Pitriani.

Dia mengatakan, Regi dan Bunga memang sudah saling suka. Karena itu keduanya segera dinikahkan oleh keluarga, namun baru tercatat sah secara agama, atau nikah siri.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Perkawinan, batas minimal usia perempuan minimal 16 tahun, sedangkan laki-laki 19 tahun. Batasan ini dimaksud untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

sumber: inews.id

Editor: sella.